Konflik Tanah di Kelurahan Harjamukti, Pemkot Depok: Mereka Bikin RT dan RW sendiri

Sekretaris Lurah Harjamukti, Samsul membenarkan adanya konflik tanah yang terjadi di wilayah Kampung Harjamukti, Kelurahan Harjamukti, Cimanggis

Konflik Tanah di Kelurahan Harjamukti, Pemkot Depok: Mereka Bikin RT dan RW sendiri
(KOMPAS/YULVIANUS HARJONO)
Ilustrasi demonstrasi menuntut penuntasan konflik agraria 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIMANGGIS - Sekretaris Lurah Harjamukti, Samsul membenarkan adanya konflik tanah yang terjadi di wilayah Kampung Harjamukti, Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Depok.

Samsul mengatakan ada ratusan warga yang bermukim di tanah milik PT Pertamina sejak puluhan tahun namun tak tercatat sebagai warga Kota Depok.

"Itu tanah kavling PT Pertamina. Masalah ini sudah dari beberapa bulan lalu, sekitar tiga bulan. Mereka memang sudah puluhan tahun tinggal di sana," kata Samsul saat dihubungi wartawan di Cimanggis, Depok, Rabu (5/12/2018).

Samsul menuturkan pihak Kelurahan Harjamukti tak dapat berbuat banyak karena selain tak terdaftar warga Depok, mereka membuat RT dan RW sendiri.

Meski bermukim di wilayah RW 06 Kelurahan Harjamukti, Samsul menuturkan warga membuat RW baru secara swadaya, yakni RW 07.

Warga Tunggu Cimanggis Tunggu Kedatangan Dinas PUPR Bicarakan Pengerjaan Proyek Situ Pedongkelan

Ikuti Pawai MTQ ke-19 Kota Depok: Camat, Danramil dan Kapolsek Cimanggis Naik Kuda

"Mereka bikin RT dan RW sendiri. Wilayah resminya masuk RW 06, tapi mereka bikin RW sendiri. Mereka bikin RW 07 sendiri," ujarnya.

Perihal langkah dan peran Pemkot dalam masalah ini, Samsul belum dapat memastikan bagaimana cara penyelesaian kasus ini. 

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved