Micromine Hadirkan Digitalisasi Eksplorasi Tambang

Dengan proses digitalisasi maka perusahaan akan mendapatkan efisiensi besar dan peningkatan kinerja selama proses eksplorasi mineral

Micromine Hadirkan Digitalisasi Eksplorasi Tambang
Istimewa/Dok Micromine
Micromine dirancang untuk menggantikan lembar log kertas yang digunakan oleh ahli geologi 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menyoroti kondisi terkini pengelolaan data dalam eksplorasi mineral dan bagaimana perusahaan dapat mengoptimalkan proses menggunakan perangkat yang terhubung.

Sekarang inilah perusahaan pertambangan mulai mengadopsi atau mematangkan strategi digitalisasi mereka.

Dengan proses digitalisasi maka perusahaan akan mendapatkan efisiensi besar dan peningkatan kinerja selama proses eksplorasi mineral.

Menurut Mulya Ramadhany, Indonesia Technical Service Manager, Micromine Indonesia, eksplorasi mineral adalah salah satu tahapan paling kritis dalam rantai nilai pertambangan. Analisis data pengeboran yang efisien memiliki pengaruh besar terhadap profitabilitas keseluruhan proyek.

“Micromine berfokus pada peluang digitalisasi yang hemat biaya, menambah nilai dan dapat diimplementasikan di seluruh rantai nilai pertambangan," kata Mulya Ramadhany dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/12/2018).

Micromine dirancang untuk menggantikan lembar log kertas yang digunakan oleh ahli geologi. Saat ini juga sudah diluncurkan Geobank Mobile yang memiliki fokus yang kuat pada integrasi dengan perangkat yang mampu menampung data. Perangkat tersebut tersedia untuk Eksplorasi Ahli geologi.

Geobank Mobile, dapat membaca Sensitivity magnetik, perangkat pengukuran XRF dan geoteknik portabel sering kali tersambung ke layanan atau basis data di cloud, yang kemudian akan digabungkan ke dalam master database dari berbagai sumber data atau wellsite.

Selain itu, jika masalah konektivitas jaringan muncul dikarenakan remote area, maka Geobank Mobile dapat mengirim data tersebut secara local dengan cara import file ke format Csv .

Jika seorang Geolog Eksplorasi dapat mengumpulkan, memvalidasi dan mengakses data mereka dalam satu platform, sementara mereka berada di lapangan, informasi real time dapat ditarik, memungkinkan keputusan yang lebih tepat dan cepat di Wellsite.

Cerita Empat Pekerja Pura-pura Mati Agar Selamat, TNI-Polri Kontak Senjata dengan KKB Selama 16 Jam

“Setelah data ini tersedia, akan memungkinkan seorang ahli geologi untuk membuat keputusan di lapangan; apakah akan Mengakhiri proses pengeboran untuk Initial Hole atau mengextend proses pengeboran dari kedalaman lubang yang direncanakan. Ini menambah nilai langsung, baik dengan mengurangi biaya pengeboran yang direncanakan atau mencegah biaya yang mahal nantinya,” jelas Mulya Ramadhany.

Baru-baru ini, daya komputasi yang tersedia untuk eksplorasi geologi dalam bentuk ruggedized telah meningkat. Ke titik di mana Geologi tidak hanya dapat menjalankan Geobank Mobile, tetapi Micromine juga dapat dijalankan di tablet.

"Sehingga kemampuan tersebut berguna untuk melihat data dalam 3D dan membangun model dengan cepat serta membawa lebih banyak informasi ke Geologist ke depannya," pungkas Mulya Ramadhany.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved