Crane Ambruk di Kali Sentiong Terjadi Saat Proyek Sedang Dikebut

Peristiwa ambruknya crane di proyek pembangunan turap Kali Sentiong, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran terjadi ketika proyek sedang dikebut.

Crane Ambruk di Kali Sentiong Terjadi Saat Proyek Sedang Dikebut
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kabid Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta, Nelson Simanjuntak di Rumah Pompa Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Peristiwa ambruknya crane di proyek pembangunan turap Kali Sentiong, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat terjadi ketika proyek sedang dikebut.

Kabid Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta, Nelson Simanjuntak menjelaskan proyek pembangunan turap sheetpile tersebut telah berjalan dua bulan.

Proyek tersebut rencananya dirampungkan pertengahan Desember ini, namun progresnya baru mencapai 50-60 persen.

Oleh karenanya, alat berat di lokasi proyek pun ditambahkan.

Sebelumnya hanya ada dua crane di lokasi kejadian.

Pihak kontraktor dari PT Sinar Mardadu pun menambah tiga crane lagi menjadi lima unit, meskipun saat insiden terjadi, baru ada empat crane di TKP, salah satunya yang mengalami insiden siang tadi.

"Terus terang memang pemancangan di Kali Sentiong sedang kita pacu, kita percepat karena Tahun Anggaran sudah semakin habis. Di samping itu kita menambah alat. Alat itulah yang tadi kita sedang coba untuk bekerja ternyata ada insiden," terang Nelson kepada wartawan di Rumah Pompa Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/12/2018) sore ini.

Nelson belum mengetahui secara pasti penyebab insiden tersebut. Menurutnya, pihak berwenang masih melakukan investigasi hingga saat ini.

Adapun menurut Nelson, semua standar operasional sudah ditaati. Ia menilai hal ini adalah sebuah musibah, sebab standar keselamatan pun sudah sesuai pula.

Insiden Jatuhnya Crane di Jalan Dakota Raya Jakpus, Tiga Orang Terluka

Crane Proyek Pembangunan Turap Ambruk, Timpa 2 Rumah di Jalan Dakota Raya Jakarta Pusat

"Dengan kejadian ini saya sudah berkoordinasi langsung dengan pelaksananya dan pihak pelaksana sudah menginformasikan kepada saya akan bertanggung jawab atas segala kerusakan maupun kerugian-kerugian yang akan dihadapi," kata Nelson.

Sebelumnya, crane proyek turap sheetpile di Kali Sentiong ambruk. Akibatnya, tiga rumah rusak dan tiga orang luka-luka.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved