Jika Minum Kopi Kerap Buat Sakit Perut dan Buang Air Besar, Ini 4 Penyebabnya

Ada apa dengan kopi yang membuat kebanyakan orang ingin buang air besar?

Jika Minum Kopi Kerap Buat Sakit Perut dan Buang Air Besar, Ini 4 Penyebabnya
thenypost/Intisari
Ilustrasi minum kopi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tidak ada yang lebih baik dari secangkir kopi pagi, bau yang berenergi, rasa pahit dan manis; namun hampir menjamin bahwa Moms akan merasa mulas dan ingin buang air besar setelah meminumnya.

Ada apa dengan kopi yang membuat kebanyakan orang ingin buang air besar?

Pada dasarnya, kopi menstimulasi sistem pencernaan, para peneliti tidak yakin mengapa atau bagaimana, meskipun kafein adalah mungkin penyebabnya.

Kafein adalah "agen pro-motilitas," kata Niket Sonpal, M.D., seorang gastroenterolog dan asisten profesor klinis kedokteran di Touro College of Medicine.

"Setiap kali Anda atau saya mengonsumsinya, perut Anda meregang dan mengirimkan sinyal ke usus besar Anda mengatakan, 'Hei, ada sesuatu yang datang, sesuatu harus keluar,'" katanya.

Tubuh Moms mengirimkan sinyal-sinyal itu melalui proses yang disebut peristaltik, pada dasarnya kontraksi otot di seluruh usus Moms yang memindahkan makanan melalui sistem pencernaan.

Kopi mempercepat proses itu, kata Rudolph Bedford, M.D., seorang gastroenterologist di Providence Saint John's Health Center.

Selain mempercepat kontraksi tersebut, Bedford mengatakan kafein juga menyebabkan otot-otot kolon menjadi rileks.

1. Kopi dapat mengaktifkan kerja usus besar

Kopi adalah salah satu sumber kafein terbaik di planet ini dan kafein merupakan stimulan alami yang membantu Moms tetap waspada.

Halaman
1234
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved