Penetapan Tarif Trans Patriot Molor, Tunggu Keputusan Wali Kota Bekasi

Trans Patriot masih menggratiskan tarif hingga waktu yang belum bisa ditentukan

Penetapan Tarif Trans Patriot Molor, Tunggu Keputusan Wali Kota Bekasi
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Bus Trans Patriot melintas di Jalan Ir Juanda Bekasi, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI- Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) selaku pengelola angkutan umum Trans Patriot masih menggratiskan tarif hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Pasalnya, ketetapan tarif masih menunggu keputusan Wali Kota Bekasi yang tak kunjung turun.

Humas PDMP Iqbal Daut mengatakan, usulan hasil rapat rumusan tarif Trans Patriot sudah dilakukan pihaknya bersama
Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Bagian Hukum Pemkot Bekasi, Konsultan Transportasi, di Kantor Pemkot Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin, (3/12/2018) lalu.

Dari hasil rapat tersebut, telah dirumuskan besaran tarif Trans Patriot sebesar Rp 3.500 untuk umum dan Rp 2.000 untuk pelajar. Namun hingga kini, hasil rapat usulan tarif belum ditetapkan Wali Kota Bekasi.

"Usulan itu sudah masuk ke Wali Kota, sejauh ini masih menunggu keputusan Wali Kota, Kalau belum ditetapkan kita gratiskan terus, karena dasar kita menetapkan tarif ya itu keputusan Wali Kota," kata Iqbal di Bekasi, Kamis, (6/12/2018).

Awalnya, PDPM berencana menggratiskan tarif Trans Patriot selama satu pekan sejak pertama kali uji coba operasional, Senin, 26 November 2018. Selama satu pekan itu, pihaknya bersama instasi terkait terus menggodok formulasi penetapan tarif hingga tercetus besaran tarif sesuai hasil rapat yang telah diusulkan ke Wali Kota.

"Sepanjang Wali Kota belum menetapkan tarif ya kita masih mengratiskan, misalnya Wali Kota ingin gratiskan sampai dengan akhir bulan agar warga bisa menikmati Trans Patriot, yaudah kita sifatnya jalan terus sambil menunggu ketetapan (tarif) dari Wali Kota," jelas dia.

Hasil Rapat PDMP bersama OPD, Tarif Trans Patriot Rp 3.500

Gara-gara Ini, Pemkot Bekasi Tunda Pemberlakuan Tarif Trans Patriot

Adapun operator Trans Patriot selama tiga bulan pertama dipegang Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI). Perusahaan BUMN itu ditunjuk lantaran dinggap berpengalaman dan profesional.

Selama tiga bulan itu, PDMP diharapkan dapat belajar melalui DAMRI sehingga dapat menjadi operator angkutan umum Trans Patriot secara mandiri. Sedangkan biaya operasional selama tiga bulan, akan dibayarkan melalui subsidi Pemkot Bekasi.

Trans Patriot beroperasi melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi. Terdapat dua rute dengan 32 halte atau titik pemberhentian yang dilintasi, rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved