Pembunuhan dI Papua

Insiden Penembakan di Papua, Ketum PPAD Sebut Dugaan Keterlibatan Damien Kingsburry

Kiki Syahnakri mengatakan bahwa hingga saat ini status Damien Kingsburry masih menjadi penasehat dari Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Insiden Penembakan di Papua, Ketum PPAD Sebut Dugaan Keterlibatan Damien Kingsburry
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri memberikan pernyataan terkait insiden penembakan yang terjadi di Papua, di Aula PPAD, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (7/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri, menyebut ada peranan akademisi Deakin University Australia, Damien Kingsburry dalam konflik yang terjadi di Papua.

Kiki Syahnakri menceritakan, saat Damien Kingsburry yang menjelek-jelekkan Indonesia dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Australia, di Australia pada September 2014.

Salah satu contohnya, dalam forum seminar tersebut, Damien Kingsburry menyebut bahwa Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dia bicara menjelek-jelekkan Indonesia terus. Contoh dia mengatakan, yang disebut NKRI itu termasuk Filipina Selatan, Brunei (Darussalam), Malaysia kata Damien seperti itu," ujar Kiki Syahnakri, di Aula PPAD, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (7/12/2018).

Kiki Syahnakri juga menceritakan, saat itu Damien Kingsburry mengatakan bahwa dirinya mendukung Presiden Joko Widodo yang saat itu belum dilantik sebagai presiden, untuk menyelesaikan permasalahan di Papua.

Damien Kingsburry mengatakan, bahwa dirinya memiliki proposal dari Jokowi untuk penyelesaian masalah di Papua.

"Lalu kami kejar proposal itu, apa isinya, lalu dia jawab berbelit-belit. Ketika didesak terus, dikejar dengan pertanyaan. Akhirnya kesimpulan kita yang dimaksud penyelesaian dalam proposal tersebut adalah referendum, kata dia (Damien Kingsburry)," ujar Kiki Syahnakri.

Adapun referendum adalah suatu proses pemungutan suara semesta untuk mengambil sebuah keputusan, terutama keputusan politik yang memengaruhi suatu negara secara keseluruhan.

Misalnya, seperti adopsi atau amendemen konstitusi atau undang-undang baru, atau perubahan wilayah suatu negara.

Bareskrim Polri Gagalkan Penyelundupan 7 Kg Sabu Asal Malaysia

Halaman
12
Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved