Pergaulan Bebas Jadi Faktor Utama Tersebarnya HIV/AIDS di Tangerang

3.642 Pengidap HIV/AIDS tersebar di Tangerang, sebagian besar diakibatkan karena pergaulan bebas.

Pergaulan Bebas Jadi Faktor Utama Tersebarnya HIV/AIDS di Tangerang
Net
HIV Aids 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - 3.642 Pengidap HIV/AIDS tersebar di Tangerang, sebagian besar diakibatkan karena pergaulan bebas.

Sekretaris KPA Provinsi Banten Encep Mukardi menerangkan tersebarnya penyakit mematikan itu banyak dari perilaku seks sebelum menikah antar warga di Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Hal tersebut menjamur, kata Encep, karena maraknya aktivitas prostitusi.

"Paling tinggi hubungan pranikah. Iya, wanita pekerja seks, hubungan sesama jenis sampai waria. Sebarannya merata. Laki-laki paling berisiko tertular HIV/AIDS," ujar Encep lewat saluran telefon, Jumat (7/12/2018).

Dari perilaku seks berganti pasangan ini, virus mematikan HIV/AIDS paling banyak tersebar dan menular adalah ibu rumah tangga dan bayi mereka.

"Anak yang tertular itu ada 100 lebih. Ibu rumah tangga yang AIDS 12,4 persen atau sekira 250 orang, dari ribuan orang yang terkena AIDS. Tertularnya dari pasangannya," papar Encep.

3.642 Penderita HIV/AIDS Tersebar di Seluruh Tangerang

Wakil Walikota Jakpus Ajak Masyarakat Berani Tes HIV Dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia

Berdasarkan data yang terkumpul dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Banten, penderita HIV dari Maret 2018 hingga sekarang sebanyak 1.162 orang di Kabupaten Tangerang, 955 orang di Kota Tangerang, dan 446 orang di Tangerang Selatan.

Sedangkan penderita AIDS di dalam kurun waktu yang sama mencapai 513 orang di Kota Tangerang, 152 orang di Tangerang Selatan, dan 414 orang di Kabupaten Tangerang.

"Banyak yang belum terdata juga dan peningkatan setiap tahunnya ada. Jumlah kematian akibat HIV/AIDS di Tangerang sendiri tergolong tinggi," ujar Encep.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved