Rumah Pompa Danau Sunter Punya 12 Pompa dan 12 Petugas yang Siap Antisipasi Banjir

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berupaya mengantisipasi banjir dengan menyiagakan rumah pompa di sejumlah wilayah

Rumah Pompa Danau Sunter Punya 12 Pompa dan 12 Petugas yang Siap Antisipasi Banjir
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Pompa stationer di Rumah Pompa Danau Sunter. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berupaya mengantisipasi banjir dengan menyiagakan rumah pompa di sejumlah wilayah.

Salah satu rumah pompa yang ada di Jakarta Utara yakni Rumah Pompa Danau Sunter Selatan. Di sana, ada enam pompa stationer dan enam pompa mobile yang diyakini siap mengantisipasi banjir.

Kabid Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta, Nelson Simanjuntak mengatakan upaya pemompaan untuk menghindari terjadinya luapan secara dominan akan dilakukan pompa stationer.

Sedangkan pompa mobile disiagakan untuk menghalau genangan di titik-titik cekungan.

"Optimis 80 persen nanti antisipasi lewat pompa stationer. Untuk 20 persennya itu dengan pompa mobile ada beberapa titik yang memang rutin genangan, pompa mobile siap mengeringkan daerah-daerah seperti itu," kata Nelson kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Kapasitas pompa mobile sendiri, menurut Nelson, sebesar 2.500 liter per detik. Sementara untuk pompa mobile, kapasitasnya 200 liter per detik.

Nelson optimistis dengan jumlah pompa yang ada di Rumah Pompa Danau Sunter. Pasalnya, upaya antisipasi banjir sangat terbantu dengan adanya Waduk Sunter Selatan di dekat rumah pompa itu.

"Ini kelebihannya kalau kita punya waduk yang besar. Jadi dengan waduk besar kapasitas pompa bisa kita kecilkan. Kalo waduknya kecil pompanya gede," ucapnya.

Dijelaskan Nelson, setiap harinya akan ada 12 petugas Dinas SDA yang akan standby untuk memantau pompa.

Sudin Sumber Daya Air Bangun Dua Rumah Pompa, Target November Rampung

Antisipasi Banjir, Sudin SDA Jakarta Barat Bangun Tiga Rumah Pompa di Waduk Bojong

"Sebetulnya sudah ada yang disiapkan di tiap stasiun pompa tergantung besar kecilnya rumah pompa. Di sini sesuai unit pompanya, enam kali dua.  Jadi 12 orang untuk 2 shift," kata dia.

Sementara itu, di seluruh wilayah DKI Jakarta, Dinas SDA sudah memiliki 44 pompa stationer di rumah pompa masing-masing wilayah.

Nelson mengatakan kondisi pompa sudah cukup prima.

"Kalo data yang saya miliki jumlah pompa yang kita miliki pompa stationer ada 44 pompa dengan kondisi 90 persen baik," tandasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved