Lestarikan Kebudayaan Betawi, Disparbud DKI Jakarta Ikuti Lomba Parade Lagu Daerah

Melalui kegiatan ini, kebudayaan betawi diharapkan semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya yang tinggal di ibu kota

Lestarikan Kebudayaan Betawi, Disparbud DKI Jakarta Ikuti Lomba Parade Lagu Daerah
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Para peserta parade lagu daerah dari Anjungan DKI Jakarta, TMII, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta mengikuti parade kebudayaan lagu daerah yang digelar oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Melalui kegiatan ini, kebudayaan betawi diharapkan semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya yang tinggal di ibu kota.

"Jadi melalui ajang ini, kami tampilkan semua kesenian yang dimiliki oleh Betawi sehingga masyarakat dapat mengetahuinya," ucap Kepala Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Disparbuf DKI Jakarta Fadlan Zuhran, Sabtu (8/12/2018).

Lebih lanjut ia menerangkan, DKI Jakarta merupakan juara bertahan dalam ajang tersebut, sehingga persiapan matang telah dilakukan untuk mengulang kesuksesan tahun lalu.

"Untuk persiapan, kami sudah menggelar latihan di anjungan DKI Jakarta selama sebulan penuh," ujarnya kepada awak media.

Sementara itu, Direktur Umum TMII Taufik Sukasah mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggara kegiatan sengaja menggelar parade lagu daerah ini untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan Indonesia.

Tercatat, ada 19 daerah yang ikut ambil bagian dalam ajang parade lagu daerah ke-35 ini.

"Generasi milenial sudah semakin terlena dengan perkembangan pesat media sosial dan dunia maya yang memperkenalkan dunia luar sehingga mereka seringkali lupa mengenal Indonesia sendiri," kata Taufik.

Untuk itu, melalui ajang tersebut diharapkan generasi muda dapat belajar dan mengenal kembali beragam keanekaragaman budaya Indonesia, seperti musik dan tarian.

"Ini juga sesuai dengan visi kami bahwa TMII adalah pusat pelestarian dan pemanfaatan budaya Indonesia," ucapnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved