IMB Rusun di Stasiun Jurangmangu dan Cisauk Belum Rampung

IMB rusun di stasiun Jurangmangu, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) dan stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang belum rampung.

IMB Rusun di Stasiun Jurangmangu dan Cisauk Belum Rampung
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Ground breaking hunian terintegrasi transportasi, di stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Hunian terintegrasi transportasi atau berbasis transit oriented developement (TOD) di stasiun Jurangmangu, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) dan stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang belum rampung.

Namun ground breaking atau peresmian awal pembangunan sudah dilaksanakan, termasuk untuk pembangunan rumah susun (rusun) di stasiun Rawa Buntu, Serpong, Tangsel, Senin (10/12/2018).

Ketiga hunian itu dibangun tiga badan usaha milik negara (BUMN) Karya yang berbeda.

Perumnas dengan amanatnya mengembangkan hunian di Stasiun Rawa Buntu, Hutama Karya di Stasiun Jurang Mangu, dan Adhi Karya di Stasiun Cisauk.

"Izin sedang kami urus. Sebelum semester satu kami sudah mulai bangun," ujar Bintang Prabowo, sirektur PT Hutama Karya, setelah ground breaking.

Direktur Operasional Perum Perumnas Galih Prahananto mengatakan IMB memamg membutuhkan proses.

Ia menjelaskan pembangunan hunian terintegrasi transportasi yang sebelumnya dibangun di stasiun Pondok Cina Depok dan Stasiun Tanjung Barat Jakarta Selatan juga membutuhkan waktu.

Sampai saat ini, bahkan pembangunan di stasiun Tanjung Barat baru mendapat izin pembangunan pondasi.

"Tanjung Barat IMB pondasi sudah diperoleh dengan izin. tersebut bisa mengerjakan pondasi di struktur atas. Januari 2019 bisa semua dengan IMB sehingga overlap semua selesai," ujarnya.

Menteri BUMN Rini Sumarno mengungkapkan memang perizinan masih menjadi kendala pembangunan TOD, termasuk untuk rencana pembangunan di stasiun Juanda dan Senen.

Incar Milenial, Rusun di Stasiun Rawa Buntu, Cisauk dan Jurangmangu Resmi Dibangun

12 Persen Pendaftar Rumah Samawa DP Rp 0 di Jakarta Barat Tak Tertarik Rusunami Klapa Village

Ia pun berterima kasih kepada Wali kota Tangsel Airin Rachmi Diany yang cepat memberi izin untuk pembangunan di Rawa Buntu.

"Memang permasalahan, mohon maaf di perizinan sedikit lama. Makanya Karena itu saya berterima kasih dengan Bu Wali karena di Tangsel bisa cepat," ujar Rini.

"Di Juanda dan Senen kita juga masih menunggu izin dari DKI, gubernur DKI sudah bersedia untuk duduk bersama dalam mempercepat izin-izin," tambahnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved