DPRD Depok Belum Berencana Buat Perda LGBT

DPRD Kota Depok belum berencana merancang Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Lesbian, Gay, Bisex, dan Transgender (LGBT) di Depok.

DPRD Depok Belum Berencana Buat Perda LGBT
Tribun Jabar
Ilustrasi LGBT 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok belum berencana merancang Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Lesbian, Gay, Bisex, dan Transgender (LGBT) di Depok.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua II DPRD Depok, M. Supariyono saat ditanya apakah DPRD Depok berniat atau sedang merancang Perda tentang LGBT.

"Seingat saya belum pernah ada di rapat Paripurna yang menyampaikan itu. Kalau secara tertulis mungkin saja, tapi belum melalui Paripurna. Jadi itu masih jauh prosesnya," kata Suparyono di Sukmajaya, Depok, Selasa (11/12/2018).

Meski Perda dapat digodok berdasarkan usul Pemerintah Kota (Pemkot), fraksi, Komisi, atau anggota DPRD perorangan, Suparyono menuturkan belum ada pembahasan resmi soal ini.

Menurutnya, wacana yang berkembang sejarah pertengahan November lalu baru sebatas pembicaraan per orangan yang tak mewakili fraksi, komisi, ataupun Pemkot Depok.

"Kalau Perda itu kan boleh dari Pemkot boleh dari DPRD. DPRD juga boleh dari fraksi, komisi, perorangan, silakan. Untuk sekarang saya melihat ini lebih kepada inisiatif per orangan," ujarnya.

Suparyono sendiri mengaku kalau dia termasuk satu anggota DPRD Depok yang setuju bila nantinya ada pembahasan mengenai Perda tentang LGBT.

Namun dia menegaskan bahwa dalam fraksi PKS tempatnya bergabung belum ada wacana mengusulkan pembuatan Perda tentang LGBT.

Perihal tahapan pembuatan Perda, Suparyono menjelaskan harus tersusun naskah akademisi yang melandasi perlunya Kota Depok memiliki Perda tentang LGBT.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved