Sebanyak 77 Ribu Pemilih di Depok Belum Memiliki e-KTP

Jumlah tersebut berasal dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok yang disampaikan kepada KPU Depok sejak awal Oktober.

Sebanyak 77 Ribu Pemilih di Depok Belum Memiliki e-KTP
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ketua KPU Depok Nana Shobarna di Hotel Bumi Wiyata Depok, Senin (10/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Ketua KPUD Depok Nana Shobarna mengatakan ada 77 ribu pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap 2 (DPTHP-2) Pemilu 2019 belum memiliki e-KTP.

Jumlah tersebut berasal dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok yang disampaikan kepada KPU Depok sejak awal Oktober 2018,

"Disdukcapil pernah menyampaikan kalau ada 77 ribu warga yang belum melakukan perekamn E-KTP. Dari situ kita mempertanyakan, meminta kepada Disdukcapil untuk memberikan kepada kita data-datanya secara lisan, tertulis," kata Nana di Hotel Bumi Wiyata Depok, Senin (10/12/2018).

Meski belum memiliki e-KTP, Nana menuturkan 77 ribu warga Depok itu sudah masuk dalam DPTHP-2 yang hari ini beres disahkan KPU Depok.

Di tanggal 17 April 2019 nanti, 77 ribu pemilih tersebut juga dipastikan dapat menggunakan hak pilihnya dalam gelaran pesta demokrasi.

"Kalau di DPT sudah masuk, sudah diinput. Cuman belum dilakukan perekaman itu yang dipertanyakan. Karena dasar untuk memilih itu memiki e-KTP, jadi tetap bisa milih," ujarnya.

Perihal perkembangan perekaman e-KTP, Nana menyebut tak mengetahui pasti apa jumlah tersebut sudah berkurang atau belum.

Pasalnya sampai sekarang Disdukcapil Kota Depok belum berkoordinasi dengan KPU Depok, bahkan dalam rapat pleno DPTHP-2 hari ini Disdukcapil tak datang.

"Sampai sekarang belum ketahuan progresnya. Ini kan kami undang juga, tapi mereka enggak hadir. Kita juga mau bantu proses penyampaian yang bersangkutan untuk masuk," tuturnya.

Nana hanya memastikan bahwa DPTHP-2 sekarang sudah sesuai Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) seperti yang direkomendasikan oleh Bawaslu Depok sebelumnya.

Nantinya, KPU Depok akan berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memastikan bagaimana nasib 77 ribu warga yang belum memiliki e-KTP.

"Kami tetap melakukan koordinasi dengan Disdukcapil. Kami sudah mengundang mereka tapi seperti diketahui, tidak ada perwakilan yang datang," lanjut Nana. 

Penulis: Bima Putra
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved