PLN Pastikan Pasokan Listrik Jakarta dan Jawa Bagian Barat Saat Natal dan Tahun Baru Aman

sejak pertengahan Desember, PLN telah menyiapkan transmisi dan distribusi agar tak ada pemadaman.

PLN Pastikan Pasokan Listrik Jakarta dan Jawa Bagian Barat Saat Natal dan Tahun Baru Aman
TribunJakarta/Bima Putra
Executive Vice President Operasi Regional Jawa Bagian Barat, Bima Putrajaya (Kanan) dan General Manager PLN Transmisi Jawa bagian Barat, Trino Erwin di Kantor PLN UIT JBB, Cinere, Depok, Rabu (19/12/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CINERE - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) memastikan pasokan listrik di Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Bagian Barat bakal aman.

Executive Vice President Operasi Regional Jawa Bagian Barat, Bima Putrajaya mengatakan sejak pertengahan Desember, PLN telah menyiapkan transmisi dan distribusi agar tak ada pemadaman.

"Natal sampai Tahun Baru kami siap siaga lah intinya aman listrik. Kita mulai siaga sejak tanggal 18 Desember 2018. Arti siaga ini seluruh unit untuk transmisi, distribusi sampai ke pembangkit sudah siap," kata Bima di kantor PLN UIT JBB, Cinere, Depok, Rabu (19/12/2018).

Selain menyiapkan transmisi, distribusi listrik, pengerjaan proyek yang dapat menganggu pasokan energi listrik akan dihentikan sementara guna menghindari pemadaman.

Hanya proyek yang tak berdampak pada pasokan listrik di Jakarta dan Jawa bagian Barat seperti pembangunan pembangkit listrik yang tetap dikerjakan oleh PLN.

"Sistemnya terintegrasi, Jawa Barat jadi tidak bisa mengandalkan Jawa bagian Barat saja. Jadi ada sistem di kawasan Jawa tengah dan Jawa Timur. Kalau mereka tidak siap kita harus siap karena Jakarta enggak boleh padam," ujarnya.

Sementara, General Manager PLN Transmisi Jawa bagian Barat, Trino Erwin menuturkan UIT JBB kini mengelola 137 gardu induk yang disalurkan melalui kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT).

Jumlah tersebut diharapkan terus bertambah setiap tahunnya seiring kerja sama yang dilakukan PLN dengan berbagai pihak sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pendapatan Penjual Parcel Ini Merugi Drastis, Ini Alasannya

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kereta Api Diprediksi Mengalami Peningkatan

"Untuk di unit induk transmisi jawa bagian barat kita mengelola 137 gardu induk dengan hapir 37 ribu kilometer dengan SUTT dan SKTT kita juga mengelola 357 travo," jelas Trino.

Dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), Trino mengatakan UIT JBB menambah 44 gardu induk hingga tahun 2022 yang melibatkan berbagai pihak.

Di tahun 2018 sendiri, PLN UIT JBB menambah 11 gardu induk, sedangkan di tahun 2019 mendatang menambah 13 gardu induk.

"Dalam RUPTL kita sampai dengan tahun 2022 gardu induk itu akan bertambah sebanyak 44 gardu induk dan itu tentunya sangat luar biasa. Rata-rata tiap tahun kita tambah sekitar 10 gardu induk," lanjut dia.

Caption foto :

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved