Hibah 21 Bus dari Kemenhub Diproyeksikan untuk Pengembangan Rute Trans Patriot

Pemerintah Kota Bekasi belum lama ini mendapatkan hibah sebanyak 21 bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hibah 21 Bus dari Kemenhub Diproyeksikan untuk Pengembangan Rute Trans Patriot
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Suasana di dalan Bus Trans Patriot yang sudah beroperasi sejak, 26 November 2018 lalu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota Bekasi belum lama ini mendapatkan hibah sebanyak 21 bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Rencananya, bus tersebut bakal diperuntukkan sebagai armada tambahan Trans Patriot agar dapat membuka rute baru.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Fatikhun mengatakan, pihaknya sejauh ini bakal melakukan kajian terlebih dahulu perihal rencana penambahan rute Trans Patriot.

Namun, upaya itu diperkiran sangat mungkin menyusul hibah 21 bus yang telah diterima Pemkot Bekasi.

"Kita kaji dulu apakah bus yang kita miliki ini bakal dioperasikan ke rute yang sudah ada atau penambahan rute baru, kita rapatkan dulu dengan semua unsur terkait, tapi yang pasti dengan jumlah bus itu tentu sangat dimungkinkan (membuka rute baru)," kata Fatikhun di Kantor Pemkot Bekasi, Kamis, (20/12/2018).

Pihaknya juga harus menyesuaikan sarana dan prasaran serta jenis bus yang diterima dari Kemenhub. Menurut, tipe bus yang diberikan beda dengan armada bus Trans Patriot yang saat ini sudah beroperasi.

"Kita kaji semua aspeknya, baik sarana dan prasaranya, karena bus itu (hibah) kan beda dengan bus Transpatriot yang sudah ada, ukuran sama tiga perempat, tapi bus itu tipe tinggi seperti transjakarta, makanya nanti ada penyesuaian halte juga," jelas dia.

Sementara itu, Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) selaku pengelola Transpatriot mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu penyerahan aset jika benar 21 bus hibah dari Kemenhub itu benar diperuntukkan untuk Trans Patriot.

"Kita belum dapat pelimpahan tapi dari tanda-tandanya memang bus itu bakal diperuntukkan untuk Trans Patriot, kita juga akan lakukan kajian teknis baru karena penambahan bus itu pasti harus ada trayek baru," jelas dia.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi resmi mendapatakan hibah berupa 21 bus dari Kemenhub. Penyerahan bus dilakukan secara simbolis melalui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung Jawa Barat, Rabu, (19/12/2018) kemarin.

Penumpang Trans Patriot Bekasi Belum Capai Target, Hanya 21 Sekali Jalan

Penumpang Trans Patriot Masih Jauh dari Target

Rata-rata Penumpang Trans Patriot Belum Ideal, Jadi Pertimbangan Belum Ditetapkannya Tarif

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menerima langsung penyerahan 21 bus yang terdiri dari satu bus jenis angkutan sekolah dan 20 bus rapid transit atau jenis angkutan umum.

Transpatriot beroperasi dengan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi. Terdapat sembilan armada bus yang telah eksis beroperasi hingga saat ini.

Adapun dari trayek tersebut, terdapat dua rute dengan 32 halte atau titik pemberhentian yang dilintasi. Rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved