Liburan Natal, Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Masih Merajai

"Penerbangan internasional didominasi oleh penumpang menuju Singapura, Kuala Lumpur, Madinah dan Narita," jelas Awaluddin.

Liburan Natal, Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Masih Merajai
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat ditemui di Posko Terpadu Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG -Liburan natal 2018 telah tiba, penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta masih didominasi penerbangan dalam negeri atau domestik.

Memasuki H-3 hari raya Natal, terpantau penerbangan dengan tujuan dalam negeri masih merajai penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Dari data yang didapatkan, pada Jumat (21/12/2018) terdapat 1.083 pergerakan pesawat jalur domestik dan sebanyak 276 jalur internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Angka tersebut menunjukan pertumbuhan sebanyak 2,49 persen pergerakan pesawat dari tahun 2017 di periode yang sama yakni 1.053 pergerakan pesawat rute domestik.

Sedangkan sebanyak 273 penerbangan dengan rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami melihat pergerakan ini untuk domestik didominasi di lima destinasi, Denpasar, Sumatera, Surabaya, Jogja dan Makasar," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (22/12/2018).

Akui Tak Tidur Sejak Isu Piala AFF 2010 Menyeret Namanya, Maman Abdurrahman Ungkap Anak Diserang

Hari Ibu 22 Desember, Berikut Alasan Nabi Muhammad SAW Sebut Bakti pada Ibu 3 Kali Lebih Dari Ayah

Sedangkan, menurut Awaluddin, untuk pergerakan pesawat rute internasional terdapat lima destinasi yang menjadi favorit wisatawan saat libur Natal dan tahun baru 2019.

"Penerbangan internasional didominasi oleh penumpang menuju Singapura, Kuala Lumpur, Madinah dan Narita," jelas Awaluddin.

Untuk Bandara Soekarno-Hatta sendiri, kata Awaluddin, suasana pergerakan penumpang masih dalam keadaam kondusif dan belum terjadi lonjakan yang signifikan.

Dari data yang didapatkan, pada Jumat (21/12/2018) jumlah pergerakan penumpang berada diangka 214.249 penumpang.

Angka tersebut naik sebesar 4,8 persen dari periode natal tahun 2017 yang tercatat sebanyak 204.428 pergerakan penumpang.

"kita perkirakan sampai nanti pukul 24.00 WIB ada diangka 215.000 sampai 220.000 untuk di Soekarno-Hatta saja. Belum tentu itu puncak, kita masih melihat situasi masih kondusif. Sekarang belum ada penumpukan penumpang," jelas Awaluddin.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved