Liga Indonesia

Pemain Persib Bandung Pensiun, Ini Alasan dan Rencananya Setelah Tak Lagi Bermain Sepakbola

Pemain Persib Bandung Eka Ramdani memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola yang sudah membesarkan namanya di usia 34 tahun.

Pemain Persib Bandung Pensiun, Ini Alasan dan Rencananya Setelah Tak Lagi Bermain Sepakbola
BolaSport.com/Herka Yanis Pangaribowo
Gelandang Persib Bandung, Eka Ramdani, saat tampil melawan Sriwijaya FC pada partai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kab. Bandung, Selasa (16/1/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pemain Persib Bandung Eka Ramdani memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola yang sudah membesarkan namanya di usia 34 tahun.

Keputusan gantung sepatu, diakui Eka Ramdani, sudah direncanakan sejak tahun lalu.

Indra Mustafa (kiri) bersama Eka Ramdani (kanan) saat latihan.
Indra Mustafa (kiri) bersama Eka Ramdani (kanan) saat latihan. (Instagram @indra_mustaffa)

"Sudah ini berjalan seperti air saja, yang terdekat mah paling melatih usia dini di Sekolah Sepkbola UNI, sama paling kegiatan sosial aja," ujar Eka Ramdani, saat ditemui di Parongpong, Kabupten Bandung Barat, Sabtu (6/1/2019).

Dikatakan Eka, awalnya banyak rekan satu tim di Persib Bandung yang kaget saat dia memutuskan untuk tidak bermain sepakbola mulai kompetisi musim 2019.

Menurutnya, rencana itu sudah dipikirkan matang-matang.

Polisi Sebut Terduga Pelanggan Vanessa Angel Seorang Pengusaha

Setelah Bebas 24 Januari 2019, Ahok Diundang Keliling Eropa dan Jepang Jadi Narasumber

Warga Keluhkan Kawasan CFD Sudirman-Thamrin Dipenuhi PKL

 

"Kodarullah, semuanya sudah izin Allah, balik lagi ke Persib Bandung, dan sebenarnya ada sebagian teman-teman yang kaget dengan keputusan saya, itu karena tidak tahu rencana saya, tapi kalau saya tahu rencana saya ke depan, jadi biasa saja," katanya.

Eka mengaku, keputusannya semakin bulat dan yakin gantung sepatu saat menyaksikan berbagai kejadian negatif yang terjadi di sepakbola Indonesia selama satu musim ini.

"Mungkin di awal musim sudah kepikiran dan saya melihat kejadian di sepakbola kemarin itu seperti menegaskan saja gitu, oh ya sudah jadi yakin saja," ucapnya.

LEPAS TENDANGAN : Pemain Persib Bandung Eka Ramdani (kanan) melepaskan tendangan saat menerima umpan bola saat mengikuti latihan di Stadion Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Kamis (29/11). Pelatih membawa 18 pemain dalam menghadapi pertandingan Liga 1 Gojek 2018 lawan Persela Lamongan.
LEPAS TENDANGAN : Pemain Persib Bandung Eka Ramdani (kanan) melepaskan tendangan saat menerima umpan bola saat mengikuti latihan di Stadion Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Kamis (29/11). Pelatih membawa 18 pemain dalam menghadapi pertandingan Liga 1 Gojek 2018 lawan Persela Lamongan. (TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA)

Bagi Eka, mengakhiri karir tidak menjadi hal yang berat. Sebab, Eka tidak pernah sampai fanatik menyukai atau membenci sesuatu, termasuk sepakbola yang bertahun-tahun menjadi profesinya.

"Kontrak di Persib Bandung juga bulan ini sudah habis, Piala Indonesia sudah tidak ikut," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Eka Ramdani Pensiun, Ini Alasan dan Rencananya Setelah Tak Lagi Bermain Sepakbola, .
Penulis: Nazmi Abdurrahman

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved