Pikun, Nenek Ratini Bakar Diri Hingga Menderita Luka Bakar 90 Persen

Ratini (75) membakar dirinya sendiri pada Selasa (3/1/2019) sekira pukul 02.00 WIB di kamar mandi rumahnya lalu bukan karena sedang memiliki masalah.

Pikun, Nenek Ratini Bakar Diri Hingga Menderita Luka Bakar 90 Persen
TribunJakarta/Bima Putra
Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud di Balaikota Depok, Rabu (9/1/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud memastikan bahwa sebab Ratini (75) membakar dirinya sendiri pada Selasa (3/1/2019) sekira pukul 02.00 WIB di kamar mandi rumahnya lalu bukan karena sedang memiliki masalah.

Dari hasil keterangan keluarga dan tetangga, Suyud menuturkan Ratini menyulut api karena dipengaruhi faktor ingatan atau pikun seiring usia.

"Bukan bakar diri karena ada masalah atau stres, tapi karena pikun. Beliau kan sudah tua, mungkin sedang tidak sadar saat menyiram minyak tanah dan menyalakan api ke tubuhnya," kata Suyud di Balaikota Depok, Rabu (9/1/2019).

Selain dari hasil keterangan keluarga besar dan tetangga, Suyud menyebut Ratini tak menunujukkan gelagat orang sedang dirundung stres.

Terkait kondisi nenek yang sedikitnya memiliki dua cucu itu, Suyud mengatakan sampai sekarang Ratini masih dirawat di RS Polri Kramat Jati.

Luka bakar hingga 90 persen saat ditemukan di kamar mandi oleh anaknya Tri Rejeki membuat kondisinya kritis kala dibawa ke RS Tugu Ibu lalu dirujuk ke RS Polri Kramat Jati.

"Sekarang masih dirawat di RS Polri Kramat Jati, kondisinya sudah lebih baik dari sebelumnya. Memang luka bakarnya parah, sampai 90 persen. Waktu awal dibawa ke RS itu kondisinya kritis," ujarnya.

Sebelumnya, berhembus kabar tak sedap bahwa Ratini membakar dirinya karena sedang dirundung masalah keluarga dan sedang stres.

Sebelum Bakar Diri, Pemuda Karawaci Sudah Tidak Makan Seminggu

Remaja yang Bakar Diri di Karawaci Hembuskan Napas Terakhir di RS Fatmawati

Kala kejadian, penyidik Unit Reskrim Polsek Cimanggis tak bisa langsung memastikan sebab Ratini membakar dirinya karena pihak keluarga masih berduka.

Musibah yang menimpa Ratini sempat menghebohkan warga Kelurahan Tugu, Cimanggis hingga membuat Lurah Tugu Abdul Mutolib menyambangi kediaman Ratini.

"Ingatanya sudah lemah, pikun. Belum dapat dipastikan sebab sampai bisa terbakar. Sekarang anak, menantu sama cucu sudah di RS Polri Kramat Jati," jelas Abdul, Selasa (2/1/2019).

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved