Hasil Tes Kebugaran, Banyak ASN Pemkot Depok yang Tubuhnya Terlalu Gemuk

Hal ini disebabkan gaya hidup, mencakup doyan makan makanan bergizi tidak seimbang hingga perilaku malas bergerak atau sedentari.

Hasil Tes Kebugaran, Banyak ASN Pemkot Depok yang Tubuhnya Terlalu Gemuk
Kompas.com/ThinkstockPhoto
Ilustrasi gemuk. 

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK - Dinas Kesehatan Kota Depok mencatat, sebanyak 142 pegawai atau 25,40 persen dari 559 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Balai Kota Depok mengalami kelebihan berat badan (overweight) alias obesitas.

Kepala Seksi Kesejahteraan Lingkungan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Depok, Tiur F. Pohan mengungkapkan, penyebab tingginya angka obesitas itu adalah akibat perilaku gaya hidup tidak sehat para pegawai.

Gaya hidup yang dimaksud, mencakup doyan makan makanan bergizi tidak seimbang hingga perilaku malas bergerak atau sedentari.

 "Kami sudah melakukan tes kebugaran ASN di November sampai Desember 2018. Hasilnya menunjukkan 25,40 persennya mengalami obesitas atau sebanyak 142 dari 559 ASN," ujar Tiur saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (10/1/2019).

Buron Empat Bulan, Anggota DPRD Sumut Tersangka KPK Serahkan Diri ke Polsek Kelapa Dua Tangsel

Tiur mengaku pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran para pegawai, seperti memberikan imbauan dan rekomendasi cara menjaga kesehatan dan kebugaran.

Karena bila pegawai tidak bugar, maka kinerja Pemerintah secara keseluruhan dapat terganggu.

"Kami sudah memberikan konseling dan rekomendasi juga kepada ASN untuk menjaga, dan mengecek kesehatan tubuhnya," katanya.

Guna mengetahui angka kebugaran di kalangan ASN, lanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Depok rutin melaksanakan Tes Kebugaran Jasmani.

Pada tahun 2019, Dinas menargetkan pendeteksian Indeks Masa Tubuh (IMT) dan Status Gizi sebanyak 1.300 ASN di lingkungan Balaikota Depok.

Setiap tiga bulan sekali, jelasnya, Dinkes Kota Depok rutin mengukur kebugaran jasmani ASN dengan cara lari 1.600 meter di lapangan Balai Kota Depok, menggunakan stopwatch.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved