Masalah Sampah di Kali, Kota dan Kabupaten Bekasi Sepakat Pasang Jaring di Perbatasan

Saat ini, jaring tersebut sudah dipasang di aliran Kali Bancong di Kelurahan Pejuang, Kota Bekasi yang berbatasan dengan Desa Setia Asih Kecamatan Tar

Masalah Sampah di Kali, Kota dan Kabupaten Bekasi Sepakat Pasang Jaring di Perbatasan
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Jaring di Kali Bancong perbatasan Kelurahan Pejuang Kota Bekasi dengan Desa Setia Asih Kabupaten Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MEDAN SATRIA - Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi sepakat memasang jaring dalam upaya penanganan sampah di perbatasan.

Kesepakatan itu dikeluarkan melalui hasil rapat bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kedua daerah serta unsur Kecamatan Medan Satria dan Kecamatan Tarumajaya, Jumat, (11/1/2019).

"Jadi untuk mengantisipasi kedepannya, tadi sudah sepakat, di perbatasan wilayah, kita akan buatkan jaring sampah, biar ketahuan ini sampah asalnya dari mana," kata Sigit Andrian Camat Tarumajaya Kabupaten Bekasi.

Saat ini, jaring tersebut sudah dipasang di aliran Kali Bancong di Kelurahan Pejuang, Kota Bekasi yang berbatasan dengan Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Kali Bancong merupakan hulu yang mengalir menuju hilir di Kali Pisang Batu Kecamatan Tarumajaya. Tumpukan sampah di Kali Pisang Batu disinyalir berasal dari tumpukan sampah yang ada di kali Bancong.

"Tapi lebih utamanya lagi tidak hanya menjaring sampah tapi sekaligus edukasi ke masyarakat bagaimana tidak membuang sampah sembarangan ke kali, kesadaran untuk tidak membuang sampah di kali ini tercipta, jadi ya jaring hanya untuk membatasi sampah agar tidak masuk ke wilayah hilir," kata Sigit.

Sementara itu, Lurah Pejuang Isnaini mengatakan, pihaknya jug berencana melalukan pemasangan jaring yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bekasi Utara.

"Makanya kalau kabupaten sudah pasang jaring di perbatasan, saya juga akan pasang jaring di perbatasan dengan Bekasi Utara. Jadi nanti kita bisa lihat sampah sebenarnya dari daerah mana si, bisa dipetakan," kata Isnaini.

Selain di Kali Bancong, hasil kesepakatan penanganan masalah sampah juga akan dilakukan pemasangan jaring di Kali Kapuk berbatasan antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved