Persija Jakarta

Sebelum Tampil di Kompetisi Musim 2019, Semua Pemain Persija Jakarta Akan Jalani Pemeriksaan Medis

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan mewajibkan semua pemain baru dan lama mengikuti proses pemeriksaan kondisi fisik terbaru tersebut.

Sebelum Tampil di Kompetisi Musim 2019, Semua Pemain Persija Jakarta Akan Jalani Pemeriksaan Medis
BolaSport.com/Feri Setiawan
Persija Jakarta merayakan gelar juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skror 2-1 di laga pamungkas pekan ke-34 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Tim Medis Persija Jakarta akan memeriksa kondisi fisik semua pemain sebelum memutuskan layak tampil di kompetisi musim 2019 mendatang.

Kebijakan itu dibuat untuk melihat kondisi terbaru pemain yang bersangkutan dan melihat riwayat cedera atau penyakit yang dimiliki.

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan mewajibkan semua pemain baru dan lama mengikuti proses pemeriksaan kondisi fisik terbaru tersebut.

"Sampai detik ini semuanya aman. Yang pasti semua pemain akan kita tes dan tidak terkecuali. Sekarang dikhususkan karena ada skrining pemain baru. Tapi pada akhirnya akan kita lakukan tes semua," kata Donny Kurniawan saat ditemui di Mes Persija, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019).

Pria yang akrab disapa Docbro itu enggan memberikan rekomendasi pemain yang tidak memiliki kesehatan bagus bermain di skuat Macan Kemayoran.

Docbro menjelaskan jika pemain yang sudah berhasil lolos tes medis artinya sudah bisa di kontrak oleh Persija Jakarta.

"Kayaknya manajemen Persija enggak pernah begitu sudah kontrak tapi enggak lolos medis. Pastinya selalu lewat medis dulu untuk tanda tangan kontrak," papar Donny Kurniawan.

Lebih lanjut, tim medis Persija Jakarta berpedoman mengikuti anjuran yang telah ditetapkan oleh induk sepak bola dunia FIFA (Federation of International Football Association).

"Jadi kalau di FIFA itu ada 3 clearance. satu boleh bertanding, boleh bertanding dengan catatan dan tidak boleh. Kalau ada catatan maka kita harus telusuri lagi dengan sistem kedokteran seperti echo dan yg lainnya," jelas Docbro.

"Kita pastikan juga berikan keadilan untuk pemain. Dalam arti, kita kasih kesempatan dia dalam berusaha sehat atau tidak. Tapi kita harus fair jangan jadikan alasan medis untuk cut dia," tutur Donny Kurniawan.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved