Seminggu Proses Pembersihan, 1.700 Ton Sampah Telah Terangkut di Kali Pisang Batu Bekasi

Proses pembersihan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi hingga kini masih dilakukan

Seminggu Proses Pembersihan, 1.700 Ton Sampah Telah Terangkut di Kali Pisang Batu Bekasi
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proses pengangkutan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TARUMAJAYA - Proses pembersihan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi hingga kini masih dilakukan.

Hampir satu minggu kegiatan pembersihan, 1700 ton sampah telah berhasil diangkut dari dalam kali.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Bekasi Dodi Agus Suprianto mengatakan, proses pembersihan telah dilakukan sejak, Sabtu, 5 Januari 2019 lalu. Tumpukan sampah yang tersisa di Kali Pisang Batu mulai berkurang hingga menyisahkan sekitar 20 persen.

"Sisa sekitar 20 persen ya, kita upayakan sampai tuntas paling lambat besok sudah selesai," kata Dodi saat dikonfirmasi, Jumat, (11/1/2019).

Sejak hampir satu pekan kegiatan pembersihan, DLH Kabupaten Bekasi berhasil mengangkut sampah sekitar 1700 ton dari Kali Pisang Batu. Sampah-sampah itu diangkut lalu dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng setelah sebelumnya, sebagian sampah dimanfaatkan untuk proses pengurugan lahan di Desa Setia Asih.

"Jadi 1.700 ton sampah yang sudah kita angkut dari Kali Pisang Batu dengan mengerahkan dua alat berat yang bekerja secara setiap hari hampir satu minggu ini," jelas dia.

Adapun dalam proses pengangkutan sampah, Dinas LH Kabupaten Bekasi menerjunkan 60 personil, ditambah dua alat berat serta 16 truk sampah dengan masing-masing truk mampu mengangkut sampah sebanyak 7 kubik.

Roro Fitria Marah Namanya Disebut Terlibat Prostitusi Online

"Operasional setiap hari dari jam 8 pagi sampai magrib, satu hari setiap truk bisa lima kali bolak-balik," jelas dia.

Sebelumnya, Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya dipenuhi sampah. Tumpukan sampah diketahui berasal dari kiriman hulu sungai yang menyebabkan alira kali tersumbat akibat smapah yang menumpuk sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved