Kepala BNPB Doni Monardo Targetkan Mitigasi Bencana di Indonesia Lebih Baik

Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo menargetkan mitigasi bencana di Indonesia yang lebih baik selama masa kepemimpinannya.

Kepala BNPB Doni Monardo Targetkan Mitigasi Bencana di Indonesia Lebih Baik
Istimewa/Humas BNPB
Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo, melakukan kunjungan ke lokasi Pantai Binuangeun yanga menjadi jejak tsunami 300, 1700, dan 3000 tahun, Sabtu (12/1/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Kepala Badan Nasional Peanggulangan Bencana (BNPB)  Letnan Jenderal Doni Monardo menargetkan mitigasi bencana di Indonesia yang lebih baik selama masa kepemimpinannya.

Menurutnya, mitigasi bencana menjadi sangat penting karena dapat mengurangi jumlah korban jiwa, jika sewaktu-waktu bencana menerjang suatu wilayah.

“Target ke depan adalah mitigasi bencana, seperti menanam pohon untuk mencegah bencana. Belajar dari pengalaman tsunami Selat Sunda, ada desa di Pandeglang yang selamat dari tsunami karena adanya pohon,” ujar Doni Monardo lewat keterangan resmi yang diterima, Sabtu (12/1/2019).

Ia juga berencana untuk mengajak para pemuka agama, untuk ikut serta mensosialisasikan mitigasi bencana kepada masyarakat.

“Di samping itu, juga melibatkan pemuka agama dalam mensosialisasikan temuan tentang kebencanaan kepada masyarakat di desa atau daerah dan sebagainya," ujar Doni Monardo.

Ia juga berpesan, bahwa dalam mengemban tugas sebagai Kepala BNPB yang baru, harus ada sinergi yang baik antara staf dan pejabat.

”Jangan anggap saya sebagai tentara, anggap saya sebagai penggiat lingkungan dan prajurit kemanusiaan," ujar Doni Monardo.

Sebelumnya, Doni Monardo resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Ia dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019) pagi. Doni menggantikan Laksamana Muda (purn) Willem Rampangilei.

BNPB: Gunung Ibu Meletus, Status Tetap Waspada

Doni Monardo Resmi Menjabat Kepala BNPB, Ini Pesan Willem Rampangilei

Doni Monardo merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985. Selama karir militernya, Doni banyak mengemban tugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sampai akhirnya menjadi pimpinan dua korps tersebut.

Jabatan terakhirnya adalah Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantamnas).

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved