Bangun JPO Artistik di Sudirman, Anies Baswedan Ingin Warga yang Menyebrang Punya Pengalaman Unik

Para pejalan kaki di Ibukota harus memandang berjalan kaki bukanlah sebuah perjalanan, melainkan sebuah pengalaman.

Bangun JPO Artistik di Sudirman, Anies Baswedan Ingin Warga yang Menyebrang Punya Pengalaman Unik
TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantor DPRD DKI Jakarta, Senin (14/1/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjabarkan alasan dirinya membangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang berkonsep kekinian di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Menurut mantan Mendikbud itu, para pejalan kaki di Ibu Kota harus memandang berjalan kaki bukanlah sekadar perjalanan, melainkan sebuah pengalaman.

"Saya garis bawahi pada semuanya, mengapa JPO, trotoar, itu harus dibangun dengan artistik? Karena kita ingin jalan kaki itu tidak dipandang semata-mata sebagai perjalanan. Tapi jalan kaki dipandang sebagai pengalaman, setiap waktu orang melewati, mengalami unik yang berbeda," kata Anies Baswedan di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/1/2019).

Anies Baswedan ingin agar setiap pejalan kaki yang melintas di JPO kekinian tersebut memiliki pengalaman baru. Sebab, JPO tersebut berbeda dengan JPO pada umumnya.

Menurut Anies Baswedan, untuk membuat JPO tersebut memberi pengalaman unik bagi warga yang melintas, tak hanya mengunggulkan bentuk bangunannya saja yang modern. Melainkan dari segi ketinggian, hingga suasananya pun harus menyatu dengan lingkungan di sekitarnya.

"Desainnya harus memastikan bahwa itu terintegrasi dengan suasana yang ada di sekitarnya. Kemarin kita ngecek pada saat hujan, saat sore, pagi. Beda tidak ketinggian-ketinggiannya," kata Anies Baswedan.

Anies Baswedan telah merevitalisasi tiga Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Jalan Jendral Sudirman pada akhir 2018 lalu.

JPO itu dibangun dengan konsep artistik yang kekinian. Diantaranya adalah JPO Polda Metro Jaya, Halte Bundaran Senayan (Ratu Plaza), dan JPO Gelora Bung Karno.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved