Jokowi Sebut TGPF Kasus Novel Bukan Usulan Dirinya Maupun Pemerintah

Pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan ditandai dengan surat keputusan yang ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Jokowi Sebut TGPF Kasus Novel Bukan Usulan Dirinya Maupun Pemerintah
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat tahun 2018 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/03/2018). Partai Demokrat menggelar Rapimnas selama dua hari 10-11 Maret 2018 untuk membahas strategi Pemilu 2018 serta Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengawasi kinerja Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.

Jokowi menjelaskan, pembentukan TGPF kasus Novel bukan usulan dari dirinya maupun pemerintah, tetapi hasil rekomendasi Komnas HAM kepada pihak kepolisian pada 21 Desember 2018.

"Saya bagian ngejar-ngejar saja, mengawasi dan ngejar-ngejar, 'harus selesai, cepet selesai, cepet selesai' itu saja," ujar Jokowi di kantor BKPM, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Jokowi menilai, dalam menuntaskan sebuah kasus memang diperlukan bukti-bukti awal yang komplit, dimana TGPF yang terdiri dari KPK, kepolisian, dan para pakar dapat segera menuntaskan persoalan tersebut dengan cepat.

"Kalau saya urusannya mengawasi agar itu segera selesai," ucap Jokowi.

Jokowi Tak Khawatir BPN Prabowo-Sandi Dirikan Posko di Solo

Pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan ditandai dengan surat keputusan yang ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian bernomor Sgas/3/I/HUK.6.6/2019 tertanggal 8 Januari 2019.

TGPF dibentuk untuk melaksanakan rekomendasi Tim Pemantauan Proses Hukum Novel Baswedan yang dibentuk oleh Komnas HAM RI. Tim tersebut terdiri dari 65 anggota yang terdiri dari Polri, KPK, berbagai ahli dan tokoh masyarakat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Siap Awasi Kinerja TGPF Kasus Novel Baswedan

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved