Sudin SDA Jakarta Timur Perbaiki Tebing Sungai Ciliwung RW 03 Matraman

Perbaikan dan pembersihan di tebing Sungai Ciliwung dilakukan demi mencegah terjadinya banjir dan longsor,

Sudin SDA Jakarta Timur Perbaiki Tebing Sungai Ciliwung RW 03 Matraman
TribunJakarta/Nawir Arsyad Akbar
PPSU Kecamatan Matraman membuat penahan banjir, jika sewaktu-waktu Sungai Ciliwung, Jakarta Timur meluap, Selasa (22/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur memperbaiki dan membersihkan tebing Sungai Ciliwung dari puing-puing, yang berada di RW 03 Matraman, Jakarta Timur.

Perbaikan dan pembersihan di tebing Sungai Ciliwung dilakukan demi mencegah terjadinya banjir dan longsor, ketika hujan deras melanda wilayah tersebut.

“Inisiatif kita saja ini untuk mencegah terjadinya longsor susulan. Seluruh puing kita keruk dan dibersihkan untuk mengurangi beban turap," ujar Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab, Selasa (22/1/2019).

Menurut Mustajab, jika tebing Sungai Ciliwung tersebut tidak dibersihkan, ditakutkan dapat menyebabkan longsor jika wilayah tersebut dilanda hujan deras.

Oleh karena itu selain dibersihkan, perbaikan turap  di wilayah tersebut juga dilakukan, dengan menggunakan batu kali.

“Kemudian turap yang lokasinya tegak lurus setinggi tiga meter akan dibuat landai. Agar lebih kokoh dan tak mudah mengalami abrasi,” ujar Mustajab.

Camat Matraman Ahmad Salahudin juga menjelaskan, bahwa wilayah Kecamatan Matraman yang menjadi langganan banjir berada di kawasan RW 03 dan 04.

Punya Target Lain, Singapura Mundur dari Piala AFF U-22

Psikolog Ungkap Ibu Pembunuh Anaknya Bersifat Tertutup dan Sempat Sedih Tahu Anaknya Tewas

Maka dari itu, pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan, guna menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor jika sewaktu-waktu terjadi.

"Posko siaga banjir Kecamatan Matraman sudah siap. Berbagai kesiapsiagaan kita lakukan baik dari logistik lengkap dengan petugas selama 24 jam,” ujar Ahmad Salahudin.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved