Pembangunan Stasiun Manggarai Dikebut, Pengguna KRL Diminta Perhatikan Perubahan Jalur Keberangkatan

Penutupan jalur 10 di Stasiun Mangarai itu terkait dengan pengerjaan proyek revitalisasi Stasiun Manggarai dan pembangunan jalur rel dwi ganda.

Pembangunan Stasiun Manggarai Dikebut, Pengguna KRL Diminta Perhatikan Perubahan Jalur Keberangkatan
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
Proses revitalisasi Stasiun Manggarai dan pembangunan double double track atau jalur rel dwi ganda dari Stasiun Manggarai-Stasiun Jatinegara terus dikebut untuk memenuhi target penyelesaian proyek itu. 

TRIBUNJAKARTA.COM, TEBET - Mulai hari ini hingga 8 Maret 2019 jalur 10 di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan ditutup.

Dengan penutupan jalur 10 tersebut, maka penumpang commuter line di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok atau Bogor dilayani di jalur 8, jalur 5, dan jalur 4.

Sementara untuk jalur 9 merupakan jalur yang dikhususkan untuk kereta bandara.

Selain melayani tujuan Depok atau Bogor, jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor atau Depok-Jatinegara dan Bogor atau Depok-Jakarta Kota.

Sementara untuk jalur 4, selain melayani KRL tujuan Depok atau Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi atau Cikarang.

Revitalisasi di Stasiun Manggarai oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BPTWJB) dibawah naungan Kementerian Perhubungan
Revitalisasi di Stasiun Manggarai oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BPTWJB) dibawah naungan Kementerian Perhubungan (TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA)

Penutupan jalur 10 di Stasiun Mangarai itu terkait dengan pengerjaan proyek revitalisasi Stasiun Manggarai dan pembangunan jalur rel dwi ganda atau double double track (DDT) dari Stasiun Manggarai-Stasiun Jatinegara.

Deputi Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Sofyan Hasan, mengatakan, penutupan jalur 10 karena adanya pekerjaan konstruksi menggunakan alat berat.

Sehingga, lokasi tersebut harus steril dari aktivitas turun naik penumpang.

Revitalisasi Stasiun, Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup Sampai 45 Hari ke Depan

"Sedang ada percepatan pembangunan stasiun, maka untuk mendukung itu jalur 10 akan dilakukan penutupan sampai 45 hari ke depan," kata Sofyan di Stasiun Manggarai, Selasa (22/1/2019)

Penutupan ini merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Menurut Sofyan, penutupan sementara Jalur 10 bisa menambah waktu kerja yang awalnya empat jam menjadi satu hari penuh.

Dengan demikian mengurangi waktu pengerjaan dari 90 hari menjadi 45 hari.

Meski demikian, penutupan jalur 10 juga memengaruhi kedatangan kereta.

Menurutnya, kereta akan mengalami keterlambatan sekitar 2 menit sejak pukul 00.00. (WartaKota/Feryanto Hadi)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup, Penumpang Commuter Line Perhatikan Perubahan Jalur Keberangkatan

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved