YLKI: Wacana Sepeda Motor Boleh Melintas di Jalan Tol Sama Saja Sorongkan Nyawa Penggunanya

"Mengizinkan sepeda motor masuk ke Jalan Tol, apa pun formulasi di lapangan, adalah sama saja menyorongkan nyawa pengguna sepeda motor," katanya.

YLKI: Wacana Sepeda Motor Boleh Melintas di Jalan Tol Sama Saja Sorongkan Nyawa Penggunanya
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Sepeda motor melintasi tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) tanpa transaksi atau gratis di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015). Rekayasa lalu lintas mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di sekitar Cilandak Town Square selama proses pelebaran jalan. 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTARJATI - Wacana sepeda motor diperbolehkan melintas di Jalan Tol dinilai kontra produktif terhadap aspek keselamatan.

Sebab, selama ini mayoritas kecelakaan lalu lintas yang terjadi didominasi oleh kecelakaan sepeda motor.

"Mengizinkan sepeda motor masuk ke Jalan Tol, apa pun formulasi di lapangan, adalah sama saja menyorongkan nyawa pengguna sepeda motor," kata Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2019).

Wacana itu pertama kali dilontarkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat kegiatan Pesta Rakyat Bikers Jakarta di halaman komplek DPR RI, Minggu (27/01/19).

Sejurus dengan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku, pemerintah kini tengah mengkaji regulasi yang mengizinkan motor dapat masuk Jalan Tol.

Polemik Sepeda Motor Boleh Masuk Jalan Tol, Usulan Bamsoet hingga Disebut Wacana Menggelikan

Tulus pun mempertanyakan langkah pemerintah yang membahas regulasi tersebut. 

"Apakah Ketua DPR dan pemerintah tidak membaca data bahwa per tahunnya 31.000 orang Indonesia meninggal di jalan raya karena kecelakaan lalu lintas dan 71 persennya adalah pengguna sepeda motor?" kata dia.

"Mendorong sepeda motor masuk jalan tol adalah 'karpet merah' untuk melambungnya kecelakaan lalu lintas dengan korban fatal baik itu meninggal dunia maupun cacat tetap yang melibatkan pengguna sepeda motor," katanya. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Masuk Tol, YLKI: Karpet Merah Setor Nyawa"

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved