Hadir di 10 Negara, Kebab Turki Baba Rafi Akan Sambangi India di Pertengahan Tahun

India merupakan negara kesepuluh yang sudah dirambah oleh bisnis waralaba kebab terbesar di dunia ini.

Hadir di 10 Negara, Kebab Turki Baba Rafi Akan Sambangi India di Pertengahan Tahun
TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH
Konferensi pers ekspansi usaha waralaba Kebab turki Baba Rafi Goes to India di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Bisnis kebab asal Indonesia, Kebab Turki Baba Rafi yang telah melakukan ekspansi bisnisnya hingga ke pasar internasional, mengumumkan ekspansi terbarunya ke India yang dilakukan pada tahun 2019.

India merupakan negara kesepuluh yang sudah dirambah oleh bisnis waralaba kebab terbesar di dunia ini.

Sebelumnya, Hendy Setiono selaku CEO Kebab Turki Baba Rafi mengawali bisnisnya dengan berjualan menggunakan gerobak di Surabaya pada tahun 2003.

Ia pun kemudian memutuskan untuk berekspansi ke Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Srilanka, Brunei Darussalam, China, hingga ke Belanda.

“Selama lebih dari 15 tahun Kebab Baba Rafi beroperasi, kami secara konsisten melakukan ekspansi bisnis yang selalu mengedepankan sistem yang menguntungkan (profitable), terjangkau (affordable) dan inovatif (innovation). Hal ini yang membawa kami tumbuh dan menjadi modal untuk memasuki pasar baru di negara lain, seperti kali ini di India," ujar Hendy Setiono selaku CEO Kebab Turki Baba Rafi, Kamis (7/2/2019) di kawasan Kuningan Jakarta Selatan.

Hendy menambahkan, bahwa selain karena kemiripannya dengan Indonesia dalam cita rasa makanan dan jumlah populasi warga negaranya, pasar di India yang sangat besar memiliki potensi yang bagus untuk pengembangan bisnis.

Hal itu lah yang menjadi alasan dipilihnya India sebagai negara tujuan ekspansi selanjutnya.

Yuk Intip Nikmatnya Sajian Jianbing Heroes, Kebab China Pertama di Indonesia

Kebab Turki Baba Rafi sendiri telah memulai konsep bisnis franchise atau waralaba sejak tahun 2005, hingga kini telah memiliki hampir 1.300 outlet yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Srilanka, Brunei Darussalam, China, hingga Belanda.

Keputusan Hendy memilih konsep bisnis waralaba merupakan upayanya untuk mewujudkan visi Kebab Turki Baba Rafi untuk menjadi bisnis waralaba kebab yang bukan hanya terbesar di dunia, melainkan yang paling menguntungkan dan juga berpengaruh.

Sistem usaha waralaba ini juga merupakan upaya Kebab Turki Baba Rafi untuk dapat turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia.

“Sudah saatnya para pengusaha lokal yang telah berhasil mengembangkan usahanya dapat memberikan dukungan kepada para pengusaha muda dan UKM di Indonesia untuk turut bersama – sama membantu perkembangan kewirausahaan di Indonesia, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Hendy.

Rencananya, pembukaan cabang di India akan dimulai pada bulan Juni 2019 dimana akan ada varian rasa yang nantinya sesuai dengan cita rasa khas di negara tersebut dengan ukuran dan porsi yang juga berbeda pastinya.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved