Pilpres 2019

Akhmad Sahal Pendukung Jokowi Tolak Wacana Pelibatan TNI di Instansi Sipil, Sudjiwo Tedjo Tulis Ini

Intelektual muda NU, Akhmad Sahal, sebagai pendukung Jokowi mengkritik soal wacana perwira TNI dilibatkan di instansi sipil. Sudjiwo Tedjo bilang ini.

Akhmad Sahal Pendukung Jokowi Tolak Wacana Pelibatan TNI di Instansi Sipil, Sudjiwo Tedjo Tulis Ini
Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado
Presiden Joko Widodo berselfie bersama 3.300-an Babinsa dari Kodam Iskandar Muda, Kodam I Bukit Barisan dan Kodam II Sriwijaya, di Balai Room Universitas Jambi, Minggu (16/12/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU), Akhmad Sahal, terang-terangan mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Namun, di balik dukungannya tersebut, pengurus cabang istimewa NU Amerika Serikat ini juga kritis dan blak-blakan mengkritik jika ada yang dianggapnya salah.

"Saya mendukung Jokowi dengan cara mengkritik apa yang menurut saya keliru, justru karena saya sayang sama beliau," cuit Akhmad Sahal di akun Twitternya, 21 Januari 2019.

Belakangan, sikap kritisnya muncul mempertanyakan langkah Jokowi yang akan melibatkan dan menempatkan personel TNI di instansi sipil.

Mulanya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kepada Presiden Jokowi soal rencana penempatan perwira TNI di kementerian dan lembaga.

Menurut Luhut, Presiden Jokowi setuju agar rencana itu dikaji dan dicarikan payung hukumnya seperti dilansir Kompas.com dalam artikel: Luhut Yakinkan Jokowi untuk Penempatan Perwira TNI di Kementerian/Lembaga.

Hal itu disampaikan Luhut saat menjadi pembicara dalam acara silaturahim purnawirawan TNI-Polri dengan calon presiden nomor urut 01 Jokowi di JIExpo Kemayoran, Minggu (10/2/2019).

"TNI banyak yang menganggur. Ada lebih dari 500 perwira menengah kolonel yang nganggur. Saya bilang, Pak (Jokowi) ini bisa masuk," ujar Luhut.

Sebagai contoh, menurut Luhut, di Kemenko Maritim banyak posisi yang bisa diisi oleh perwira TNI.

Sebab, banyak jabatan yang tidak pekerjaannya tidak dikuasai sipil. Menurut Luhut, penempatan perwira TNI di kementerian atau lembaga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para perwira.

Halaman
123
Penulis: yogi gustaman
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved