Anggota Komisi III DPR Soroti Permasalahan Lapas Dibawah Menkumham Yasonna

Romo Syafii ini, jumlah petugas sipir yang tidak sebanding dengan warga binaan dijadikan celah untuk membuka praktek menyimpang selama ini.

Anggota Komisi III DPR Soroti Permasalahan Lapas Dibawah Menkumham Yasonna
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota komisi 3 DPR-RI Muhammad Syafii menyoroti setumpuk masalah lembaga pemasyarakatan dibawah pimpinan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Menurutnya, Yasonna tidak bisa mengatasi kondisi kronis yang sudah terjadi selama ini.

Politikus Partai Gerindra ini mengungkapkan, sejumlah praktek kotor didalam lapas, mulai dari uang suap ketika keluarga melakukan kunjungan di hampir seluruh lapas di Indonesia.

Menurut politisi yang akrab dipanggil Romo Syafi'i ini, jumlah petugas sipir yang tidak sebanding dengan warga binaan dijadikan celah untuk membuka praktek menyimpang yang selama ini terjadi.

Seperti contoh rekonstruksi kamar sel mewah.

KITA Jokowi: Milenial Baik Pilih Pemimpin Baik

"Untuk membangunnya butuh waktu lama. Artinya sangat terbuka kemungkinan penyimpangan yang terjadi dilapas aras sepengetahuan, jika tidak ingin disebut atas seijin kalapas. Kemudian kanwil kemenkumham tingkat provinsi dan sampai tingkat kementrian. Jadi jelas siapa yang harus diganti," kata Romo Syafii dalam keterangan pers yang diterima, Senin (11/2/2019).

Lebih lanjut Romo Syafii mengungkapkan kalupun peraturannya kurang bagus, jika ditangani orang yang baik prakteknya akan bagus.

Tapi kalaupun aturannya sangat bagus tapi ditanga orang yang tidak baik prakteknya akan tidak bagus.

"Kami mau salahkan siapa? Sipir ada kalapas. Kalapas ada kanwil kemenkumham. Kanwil diangkat oleh kementrian. Dari mana kita mau salahkan?" katanya.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved