Ketua Bawaslu Tangerang: Rapat Gakkumdu Nyatakan Gubernur Banten Tidak Bersalah

Ia menjelaskan, terlapor tidak terbukti melakukan pelanggaran sebagaimana termaktub dalam UU No 7/2017 tentang Pemilu Pasal 282 dan Pasal 283

Ketua Bawaslu Tangerang: Rapat Gakkumdu Nyatakan Gubernur Banten Tidak Bersalah
Istimewa
Foto Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama salah satu Paslon Presiden dan wakilnya di kawasan Tangcity Mall beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) sudah menggelar pembahasan perihal foto Gubernur Banten Wahidin Halim bersama pasangan calon capres dam cawapres di sebuah baliho kawasan Kota Tangerang.

Pembahasan tersebut buntut masalah ketika mantan Wali Kota Tangerang mangkir dari panggilan Tangerang'>Bawaslu Kota Tangerang untuk pemeriksaan.

Ketua Tangerang'>Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, hasil rapat pembahasan bersama Gakkumdu memutuskan bahwa Wahidin Halim tidak terbukti melakukan pelanggaran pemilu.

"Akhirnya sudah kami putuskan, pada rapat Gakkumdu bahwa unsur pelanggarannya Pak Gubernur tidak terpenuhi," jelas Agus saat dihubungi, Selasa (12/2/2019).

Ia menjelaskan, terlapor tidak terbukti melakukan pelanggaran sebagaimana termaktub dalam UU No 7/2017 tentang Pemilu Pasal 282 dan Pasal 283.

Pasal itu berbunyi bahwa pejabat negara, pejabat struktural dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri, serta kepala desa dilarang membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye.

Link Live Streaming Newcastle Jets vs Persija Jakarta, Marko Simic Pantang Menyerah

Berlandaskan itu, lanjut Agus, kasus dugaan pelanggaran terlapor Wahidin atas laporan Ferari tidak ditindaklanjuti.

"Jadi kesimpulan rapat Gakkumdu kasusnya tidak ditindaklanjuti, karena tidak adanya unsur pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam UU Pemilu," terang Agus.

Sebelumnya, kasus dugaan tindak pemilu ini berawal dari laporan Ferari yang meminta Bawaslu untuk memproses Wahidin Halim.

Lantaran foto Wahidin terpampang jelas dalam baliho bersama capres-cawapres nomor urut 01 di kawasan TangCity Mall dan kawasan Neglasari, Kota Tangerang pada awal bulan Februari 2019.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved