Pemilu 2019

VIDEO Pengawas Pemilu Kecamatan Koja Imbau Pendaftar Pengawas TPS Jaga Netralitas

Umayah menegaskan, para pendaftar sama sekali tidak boleh menunjukkan keberpihakan mereka terhadap salah satu paslon maupun partai tertentu.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Koja merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) mulai 11-21 Februari 2019 di Sekretariat Panwascam Koja, Jakarta Utara.

Dalam proses perekrutan, petugas Panwascam memberikan formulir kepada para pendaftar untuk dilengkapi.

Setelah lengkap, pendaftar mesti kembali menyerahkan formulir itu untuk menghadapi proses perekrutan lanjutan, yakni tahap interview.

Koordinator Divisi SDM Panwascam Koja, Umayah mengatakan, proses interview dilakukan untuk menguji pengetahuan dan kesiapan para pendaftar untuk menjadi PTPS.

Pertanyaan utama yang dilontarkan kepada para pendaftar meliputi riwayat keikutsertaan panitia Pemilu, kesiapan menghadapi massa, dan netralitas para pendaftar.

"Pertanyaan utama tentang kepemiluan, tentang integritas, apakah dia sebelum ini pernah bergabung jadi penyelenggara di KPPS atau pengawas TPS di wilayah," kata Umayah, Selasa (12/2/2019).

Panwaslu Jakarta Barat Lantik 56 Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan

Netralitas menjadi hal utama yang ditekankan kepada para pendaftar PTPS.

Umayah menegaskan, para pendaftar sama sekali tidak boleh menunjukkan keberpihakan mereka terhadap salah satu paslon maupun partai tertentu.

Pendaftar juga dilarang mengenakan atribut partai manapun ketika bertugas sebagai PTPS apabila mereka diterima nantinya.

"Kemudian kita tekankan kalo pengawas pemilu itu harus netral. Tidak boleh berkecimpungan dengan tim sukses kampanye-kampanye partai atau memakai kaos partai. Atribut tidak boleh saat di lapangan," kata Umayah.

Usai perekrutan, Panwascam akan memberikan bimbingan teknis kepada para PTPS yang lolos seleksi selama 7 hari.

Pendaftar berasal dari 6 kelurahan dan 82 RW yang ada di Kecamatan Koja. Adapun kebutuhan PTPS di Kecamatan Koja untuk Pemilu mendatang yakni 791 orang.

Sebagai informasi, Pemilu Serentak bakal dilakukan pada Rabu (17/4/2019) mendatang.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved