Liga Champions Asia

4 Analisa Penyebab Utama Persija Jakarta Dikalahkan Newcastle Jets di Australia

Kekalahan ini memupuskan harapan skuat Ibu Kota untuk bisa melaju ke babak grup Liga Champions Asia 2019.

4 Analisa Penyebab Utama Persija Jakarta Dikalahkan Newcastle Jets di Australia
IG @Persijajkt
Hasil newcastle Jets vs Persija Jakarta 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Persija Jakarta harus mengubur mimpinya untuk bisa melaju ke babak selanjutnya setelah ditaklukan wakil Australia, Newcastle Jets

Ismed Sofyan dan kawan-kawan harus takluk dengan skor 3-1 di kandang Newcastle Jets, McDonald Jones Stadium, Australia, Selasa (12/2/2019) kemarin. 

Kekalahan ini tentunya memupuskan harapan skuat Ibu Kota untuk bisa melaju ke babak grup Liga Champions Asia 2019.

Pelatih fisik Persija Jakarta, Sansan Susanpur mempunyai beberapa analisis mengenai kegagalan timnya mengalahkan tim tuan rumah Newcastle Jets

Sansan menilai timnya memiliki beberapa titik kelemahan dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh skuat The Jets. 

Salah satu titik fokus yang menjadi bahan evaluasi Sansan Susanpur adalah mengenai kondisi para pemain di lapangan.

"Secara perhitungan segala hal level Newcastle jauh diatas kita. Physical conditioning perlu dipahami ada beberapa unsur terkait," kata Sansan kepada TribunJakarta, Rabu (13/2/2019).

Menurut hasil evaluasi yang telah dilakukan, Sansan mendapatkan empat poin utama permasalahan Persija yang bisa dimanfaatkan oleh Newcastle Jets

"Pertama secara anatomi mereka lebih tinggi maupun besar secara merata. Kedua secara kesiapan tim jelas mereka lebih siap karena dengan persiapan yang lebih lama dari kita," ujar Sansan. 

"Ketiga mereka tuan rumah yang di perankan untuk wajib menang dengan tekanan sporter maupun klub itu sendiri," tambahnya.

"Keempat sepulang dari singapora kita tidak punya waktu banyak untuk mempersiapkan tim karena hanya sempat berlatih 2 hari selama di jakarta itupun hanya 3x latihan. Semua hal itu mampu mempengaruhi performance dilapangan," kata Sansan.

Empat faktor diatas sangat menentukan kondisi tim dan berpengaruh dengan permainan tim Persija Jakarta di atas lapangan. 

Pria yang pernah menjadi pelatih fisik Timnas Indonesia U-16 itu telah menyiapkan bahan evalusi untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada di timnya saat ini. 

Hal yang akan segera dilakukan Sansan kepada para pemainnya adalah dengan memberikan physical conditioning threatment dan threatment persiapan secara profesional.

"Ada beberapa hal lain dimana evaluasi harus di lakukan. Pertama adalah physical conditioning threatment. Kedua threatment persiapan secara profesional dalam pemahaman sport science individual," terangnya. 

"Diantaranya yaitu bagaimana istirahat secara personal dan apa saja yang harus dilakukan secara personal profesional," tutur Sansan.

Harapannya, dengan evaluasi yang telah dilakukan bisa membuat tim Persija Jakarta lebih baik lagi kedepannya. 

Kekalahan dari skuat The Jets tentunya jadi bahan evaluasi bagi staff kepelatihan Persija untuk meramu tim menjadi lebih solid di musim 2019 mendatang.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved