Dinas Lingkungan Hidup Dukung Pengendalian Rokok di Kampung-kampung

Isnawa mengakui bahwa pengendalian asap Rokok di kawasan tersebut belum terlalu berpengaruh terhadap polusi udara di Ibu kota

Dinas Lingkungan Hidup Dukung Pengendalian Rokok di Kampung-kampung
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kampung Berseri RT 13/RW 01, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengapresiasi adanya kampung bebas asap rokok yang populer dengan nama Kampung Berseri yang terletak di RT 13 RW 01 di kawasan Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji mengaku senang apabila semakin banyak kampung-kampung di Ibu Kota yang menerapkan aturan lokal seperti itu guna mengurangi polusi asap rokok di Jakarta.

"Ya kita sangat senanglah. Apabila ada kampung-kampung yang memang memberikan aturan lokal tentang pengendalian rokok itu sangat bagus," kata Isnawa saat dikonfirmasi, Rabu (13/2/2019).

Menurut Isnawa, penting bagi warga DKI untuk mengurangi asap rokok di daerahnya. Terlebih polusi tersebut tak baik bagi kesehatan, apalagi untuk anak-anak dan ibu hamil.

Isnawa mengakui bahwa pengendalian asap Rokok di kawasan tersebut belum terlalu berpengaruh terhadap polusi udara di Ibu kota, namun ia berharap agar banyak kampung-kampung yang juga menerapkan aturan lokal seperti itu.

Khususnya lewat sejumlah program yang telah dicanangkan Pemprov DKI seperti program kampung iklim, hingga lomba-lomba kebersihan antar di RT di wilayahnya.

"Masih sangat sedikit ya (kampung bebas rokok di Jakarta), nah kita sangat menyambut baik jika seandainya di setiap Kelurahan ada kawasan-kawasan bebas asap rokok seperti kampung itu," kata Isnawa.

Untuk diketahui, sebelumnya ada sebuah permukiman di sebelah Utara Ibu Kota yang nampak asri.

Jusuf Kalla Sarankan Ahok Tak Terburu-buru Kembali ke Dunia Politik

Tak Ada Jembatan, Jenazah Terpaksa Dihanyutkan ke Sungai Menuju TPU di Gresik

Permukiman itu lebih populer dengan nama Kampung Berseri, yang alamat tepatnya berada di RT 13/RW 01, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan penelusuran TribunJakarta.com di lokasi, ada yang menarik ketika memasuki akses ke Kampung Berseri lewat gang kecil di seberang RT 14.

Di sana, terdapat spanduk yang berbunyi larangan merokok bagi warga RT 13/RW 01 Sunter Jaya.

Ternyata, dari 24 RT yang ada di kawasan RW 01 Sunter Jaya, kawasan RT 13 menjadi satu-satunya yang dipasangi larangan bebas merokok.

"Kebetulan kita memang sedang ikut lomba Lingkungan Bersih dan Sehat. Makanya termasuk salah satunya kita ingin kawasan RW 01 bebas dari asap rokok, ini baru di RT 13," kata Ketua RW 01, Sukartono beberapa waktu lalu.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved