Menteri Pariwisata Ungkap Daerah Tujuan Wisata Sepi Wisatawan Karena Tiket Pesawat Naik

"Yang kasihan tentu juga teman-teman di ekosistem pariwisata. Sekarang jadi sepi sekali dan itulah. Ya kira-kira okupansi ini tinggal 30 persen,"

Menteri Pariwisata Ungkap Daerah Tujuan Wisata Sepi Wisatawan Karena Tiket Pesawat Naik
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui di festival SAIK 2018 di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Senin (3/12/2018) 

TRIBUNJAKARTA.COM- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan kenaikan harga tiket pesawat domestik mengakibatkan sepinya destinasi wisata.

Arief Yahya mengatakan penurunan okupansi hotel di sejumlah destinasi wisata rata-rata hanya 30 persen. Hak itu disampaikan Arief Yahya usai rapat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

"Yang kasihan tentu juga teman-teman di ekosistem pariwisata. Sekarang jadi sepi sekali dan itulah. Ya kira-kira okupansi (kamar hotel) ini tinggal 30 persen. Itu sudah bagus," ujar Arief Yahya.

Ia menambahkan sejatinya tak ada yang diuntungkan dengan naiknya harga tiket pesawat domestik.

Arief Yahya mengatakan kenaikan harga tiket pesawat tak hanya merugikan sektor pariwisata tetapi juga yang lainnya.

Arief mengatakan kenaikan harga tiket pesawat juga merugikan penumpang dan maskapai penerbangan.

Sebab, dengan harga setinggi sekarang, Arief menilai tak serta merta maskapai mereguk keuntungan.

Arief memaparkan dengan naiknya harga tiket hingga 20 persen sedianya menurunkan permintaan tiket itu pula. Apa lagi, kata dia, kenaikan harga tiket hanya dialami oleh destinasi domestik yang pangsa pasarnya besar sehingga akan terjadi penurunan penumpang.

Jokowi Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal: Kubu Prabowo Anggap Lucu dan Respon JK

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jokowi Bakal Panggil Dirut Pertamina

"Secara ekosistem, tidak ada yang diuntungkan. Mulai airlines-nya, penumpangya sedikit. Angkasapura (juga) turun," lanjut dia.

"Kalau kamu mau naikan boleh. Tapi selalu bandingkan dengan market price. Jangan sampai kita mahal sendiri. Apa lagi kalau nanti internasional flight (lebih murah). Nanti memalukan kalau kita dibandingkan dengan negara lain harga kita jauh lebih tinggi," lanjut dia.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul:Menpar Sebut Kenaikan Tiket Pesawat Akibatkan Sepinya Destinasi Wisata

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved