Parkir Sentra Durian Kalibata Timbulkan Masalah, Dishub Terjunkan Petugas hingga Komentar Pengamat

Penentuan sebagian lokasi tersebut dinilai grusa-grusu tanpa memperhatikan aspek kepentingan umum yang lebih luas.

Parkir Sentra Durian Kalibata Timbulkan Masalah, Dishub Terjunkan Petugas hingga Komentar Pengamat
Warta Kota/Feryanto Hadi
Para pengendara yang ingin membeli durian di Sentra Durian Kali Bata, Jakarta Selatan, memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, Minggu (13/1/2019). Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Pengunjung di Sentra Durian Kalibata Timbulkan Masalah Parkir Liar, Begini Penilaian Pengamat, http://wartakota.tribunnews.com/2019/02/13/pengunjung-di-sentra-durian-kalibata-timbulkan-masalah-parkir-liar-begini-penilaian-pengamat?page=3. Penulis: Feryanto Hadi Editor: Andy Pribadi 

TRIBUNJAKARTA.COM, KALIBATA - Suku Dinas Koperasi, UMKM serta Perdagangan Jakarta Selatan mendapat sorotan tajam terkait penentuan sejumlah lokasi binaan maupun lokasi sementara pedagang kaki lima.

Penentuan sebagian lokasi tersebut dinilai grusa-grusu tanpa memperhatikan aspek kepentingan umum yang lebih luas.

Salah satunya di sentra durian yang berada di Jalan Kalibata Raya, Jakarta Selatan yang keberadaannya sempat dikeluhkan karena aktivitas parkir kendaraan pengunjung yang sering membuat macet lalu lintas setempat.

Terutama pada akhir pekan, kendaraan pengunjung parkir secara berderet di sepanjang jalan depan sentra durian mengarah ke Stasiun Duren Kalibata.

Pengamat perkotaan, Tubagus Haryo Karbiyanto menyebut, pembangunan Sentra Durian Kalibata oleh Sudin KUMKMP Jaksel itu sebagai contoh keputusan yang dilakukan tanpa melihat aspek holistik, tanpa melihat aspek lain yang akan ditimbulkan.

"Saya kira sebuah kebijakan harusnya melihat secara holistik ya. Itu dampak lalulintasnya tidak diperhatikan. Harusnya kebijakan itu bisa dievaluasi dan dicarikan jalan keluar kalau memang ingin mempertahankan sentra-sentra seperti itu," ujar Tubagus Haryo dihubungi Warta Kota, Rabu (13/2/2019).

Pria Meninggal Setelah Makan Durian dan Minum Kopi, Ini yang Dilarang Keras Konsumsi Durian

Instagram Blokir Akun Alpantuni, Polisi Selidiki Penyebar Konten LGBT di Akun Komik Muslim Gay

Kesadaran Warga Kecamatan Sawangan Bayar PBB Rendah

Ia menilai, pihak berwenang harusnya melakukan kajian terlebih dahulu ketika hendak membangun sentra pedagang seperti itu.

Apalagi, sentra durian yang sebelumnya diprediksi akan ramai dikunjungi masyarakat.

"Memang, saat ini sedang tren masyarakat yang suka jajan di pinggir jalan. Tapi sebagai pemangku kepentingan harusnya menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai dan memperhatikan aspek secara holistik, bukan parsial saja," katanya.

"Tidak asal bangun sentra pedagang. Kalau ada sentra kan ada mobilitas yang lebih tinggi. Ketika mobilitas itu tidak tersalur dengan baik, maka seharusnya ada semacam kajian amdal lah termasuk impack lalulintasnya sendiri bagaimana. Apalagi Kalibata sudah terkenal macet di kedua arah," papar Tubagus.

Halaman
1234
Penulis: wahyu tribun jakarta
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved