Jaksa KPK Tuntut Fahmi Darmawansyah 5 Tahun Penjara Terkait Perkara Suap Fasilitas Mewah di Lapas

Suami Inneke Koesherawati itu terbukti bersalah telah memberikan sejumlah uang dan barang untuk kepentingannya mendapatkan fasilitas mewah

Jaksa KPK Tuntut Fahmi Darmawansyah 5 Tahun Penjara Terkait Perkara Suap Fasilitas Mewah di Lapas
Tribunnews/Herudin
Fahmi Darmawansyah dan Inneke Koesherawati 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG- Fahmi Darmawansyah terdakwa dalam kasus suap fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin dituntut hukuman maksimal lima tahun penjara.

Tuntutan tersebut dibacakan jaksa KPK dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/2/2019).

"Menuntut dan meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama lima tahun dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara," kata jaksa KPK membacakan tuntutan.

Suami Inneke Koesherawati itu terbukti bersalah telah memberikan sejumlah uang dan barang untuk kepentingannya mendapatkan fasilitas mewah dan izin keluar lapas.

Hal tersebut sesuai dakwaan primair pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dalam pembacaan tuntutannya, Jaksa juga menjelaskan bahwa Fahmi telah memberikan sejumlah barang kepada Wahid Husein berupa mobil Mitsubishi Triton, sandal dan tas mewah serta uang jutaan rupiah untuk mendapatkan fasilitas mewah.

Adapun fasilitas mewah yang didapatkan Fahmi Darmawansyah berupa kamar mewah yang dilengkap televisi kabel, AC, kasur pegas. Terdakwa juga menggunakan ponsel saat berada di Lapas Sukamiskin.

"Terdakwa bahkan memiliki saung dan membangun ruangan 2x3 meter untuk berhubungan suami istri untum digunakan sendiri atau disewakan," kata jaksa.

Ramalan Zodiak Besok Kamis, 21 Februari 2019: Ada Berita Baik Untuk Aquarius

Pengemudi Toyota Fortuner Ngantuk Tekan Gas Hingga Terbang dan Nyangkut di Bundaran 

Menurut Jaksa, perbuatan Fahmi yang mengulang perbuatan suap merupakan salah satu hal yang memberatkan tuntutannya.

Sedang hal yang meringankannya adalah Fahmi bersikap sopan dan menyesali perbuatannya.

"Hal memberatkan terdakwa mengulangi lagi perbuatannya dan karena terdakwa pernah dihukum atas kasus suap," katanya.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Suap Fasilitas Mewah di Lapas Sukamiskin, Fahmi Darmawansyah Dituntut 5 Tahun Penjara

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved