Pilpres 2019

Kubu Jokowi Soroti Pernyataan Prabowo soal Biodiesel

Inas menilai perkebunan kelapa sawit di Brasil sangat sedikit yang hanya 90 ribu hektar saja.

Kubu Jokowi Soroti Pernyataan Prabowo soal Biodiesel
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Hanura, Inas N Zubir mempertanyakan data terkait produksi biodiesel Brasil yang dipaparkan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat kedua akhir pekan lalu.

Pada debat Capres yang bertema 'Energi dan Pangan', Prabowo mengatakan telah berdiskusi dengan para ahli, pelaku usaha dan pengusaha terkait pengolahan sawit yang menjanjikan untuk biodisel.

Prabowo mengapresiasi Indonesia sudah melaksanakan B20, tetapi Brasil sudah sampai B90.

Pernyataan Prabowo tersebut disanggah oleh Inas N Zubir yang meragukan Brasil telah sampai B90. Inas menilai perkebunan kelapa sawit di Brasil sangat sedikit yang hanya 90 ribu hektar saja.

"Luas perkebunan kelapa sawit di Brasil sangat sedikit, sekitar 90 ribu hektar saja dengan produksi minyak kelapa sawit Brasil hanya 370 ribu ton, produksi ini bahkan belum mencukupi kebutuhan bahan pangan dalam negeri yang mencapai 500 ribu ton per tahun," kata Inas dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/2/2019).

Jokdri Terpojok, Sang Sopir Beberkan Kelakuan Sang Bos: Termasuk Transfer Rp 5 Miliar

Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin itu pun menyebut belum ada pengembangan biodiesel di Brasil karena minimnya bahan baku. Ia mengatakan, Brasil merupakan penghasil bioetanol terbesar di dunia yakni kurang lebih 30 miliar liter per tahun.

"Jadi sangat mengherankan, darimana sumber data Prabowo Subianto mengenai biodiesel di Brasil?" tandasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved