Siswa di Bekasi Buat Helm Canggih yang Diberinama Helmet Smart Energy: Bisa Jadi Charger

"Kalau yang mahal solar sel-nya, karena gak bisa pakai alat bekas, kalau yang lain bisa manfaatin alat-alat bekas," papar Andi.

Siswa di Bekasi Buat Helm Canggih yang Diberinama Helmet Smart Energy: Bisa Jadi Charger
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Andi Febriyanto siswa SMK Negeri 2 Kota Bekasi pencipta Helmet Smart Energy. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTAR GEBANG- Andi Febriyanto (18), siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bekasi menciptakan helm canggih yang diberi nama Helmet Smart Energy. Karya ciptaannya itu bahkan sempat dilombakan dan menyabet juara dua se-Kota Bekasi.

Helmet Smart Energy merupakan helm canggih yang dilengkapi fitur pengisian daya baterai (charger) dengan memanfaatkan tenaga sinar matahari untuk menghasilkan listrik. Selain itu, perangkat elektronik untuk membuat karya ciptaanya, Andi memanfaatkan perangkat elektronik bekas.

Pelajar jurusan Elektronika Industri ini pertama kali memiliki ide membuat Helmet Samrt Energy karena melihat fenomena penggunaan gadget pada pengguna sepeda motor terutama pengemudi ojek online.

Dimana, penggunaan gadget yang terbilang cukup sering membuat pengendara banyak ditemukan memasang perangkat charger pada kendaraannya. Tapi charger yang marak digunakan masih memanfaatkan daya listrik dari Accu (Aki).

"Kalau yang sekarang ada kan banyak pengendara pasang alat charger yang disambung ke Aki, kalau pakai alat itu Aki cepet soak, daya yang keluar juga gak stabil bisa pengaruh ke HP (ponsel), udah gitu kalau banyak Aki soak akan menambah limbah Aki," kata Andi, Rabu, (27/2/2019).

Berangkat dari ide itu, Andi kemudian mulai mengumpulkan barang-barang elektronik bekas seperti baterai bekas laptop, modul stabilizer daya, dan membeli perangkat solar sel dengan daya 5 volt. Perangkat-perangkat itu kemudian dirakit di sebuah helm.

Cara kerja Helmet Smart Energy cukup senderhana, ketika helm digunakan atau diletakkan di ruang terbuka, secara otomatis akan menyerap energi dari sinar matahari, energi yang diserap itu nantinya akan dialirkan ke modul stabilizer dan disimpan ke baterai dengan kapasitas 10.000 miliampere.

"Daya yang tersimpan di baterai itu dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai, ditambah konektor dan kabel, setiap pengendara bisa negcas HP sambil berkendara gak takut aki cepet soak," jelas dia.

Untuk membuat Helmet Samrt Energy, Andi mengaku hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 3000 ribu. Untuk perakitannya kata dia, tidak membutuhkan waktu lama karena perangkat-perangkat yang digunakan masih cukup sederhana.

"Kalau yang mahal solar sel-nya, karena gak bisa pakai alat bekas, kalau yang lain bisa manfaatin alat-alat bekas," papar Andi.

Kalahkan Jakarta Pertamina Energi, Jakarta PGN Popsivo Polwa Sabet Gelar Juara Proliga 2019

Aksi Pembacokan Tiga Remaja di Kaliabang Bekasi, Dipicu Perselisihan Antar Kelompok

Helmet Smart Energy yang saat ini ia ciptakan merupakan hasil pengembangannya yang kedua. Pada pengembangan pertama, desain Helmet Samrt Energy masih terbilang cukup berantakan, sedangkan untuk pengembangan yang kedua, dia mulai merapihkan desain Helmet Samrt Energy agar lebih terlihat rapih dan nyaman.

"Kedepan masih ada yang mau saya kembangin kaya misalnya ini kalau hujan kan masih belum tertutup (perangkatnya), tapi beberapa perangkat kaya solar sel si udah pasti anti air, kalau yang modul stabilizer dayanya gak anti air, harus dikembangkan dengan perangkat anti air yang tertutup," jelas dia.

Melalui hasil karyanya ini, Andi mengaku telah mendapatkan prestasi di tingkat Kota Bekasi. Pada tahun 2018 lalu, ia berhasil menyabet peringkat kedua hasil karya siswa SMK.

Kedepan, karya ciptaanya ini diharapkan dapat bermanfaat terutama bagi pengemudi ojek online. Selain dapat mengisi daya untuk pengemudinya, Helmet Samrt Energy juga bisa jadi fasilitas tambahan bagi penumpang ojek.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved