Masyarakat Dapat Menjajal MRT Jakarta Pada Maret 2019 Nanti, Begini Prosedurnya

Ia menjelaskan adanya uji coba dari masyarakat itu diharapkan adanya critical thing atau pengalaman dari masyarakat seusai mencoba MRT Jakarta.

Masyarakat Dapat Menjajal MRT Jakarta Pada Maret 2019 Nanti, Begini Prosedurnya
TribunJakarta.com/Leo Permana
Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar saat ditemui di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan masyarakat dapat menjajal Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) pada bulan Maret 2019 nanti.

Namun, ia menjelaskan masyarakat sebelumnya harus mendaftar di website MRT Jakarta yang pendaftarannya dimulai 5 Maret 2019 mendatang.

"Kita akan mulai pendaftaran pada tanggal 5 maret ya, di website itu nanti ada beberapa pertanyaan yang diminta, tentunya identitas Anda, lalu mau masuk dari stasiun mana, karena 13 stasiun ini akan kita buka dan kemudian jam berapa dan hari apa," jelasnya ketika ditemui di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Kamis (28/2/2019).

William menyampaikan pada setiap harinya itu akan ada kuotanya, lalu nanti akan ada tanda berupa QR Kode bahwa Anda sudah mendaftar.

"QR Codenya dibawa dan ditunjukkan di stasiun dimana Anda akan naik yang sudah menunjukkan itu, kira-kira prosedurnya seperti itu, jadi sederhana," terang dia.

"Kenapa kita butuh itu? karena ini belum berbayar dan kita perlu mendaftarkan semua orang yang masuk ke MRT Jakarta untuk kebutuhan pengamanan dan kenyamanan semua orang yang akan menggunakan MRT Jakarta," lanjut dia.

Ia menjelaskan adanya uji coba dari masyarakat itu diharapkan adanya critical thing atau pengalaman dari masyarakat seusai mencoba MRT Jakarta.

Karena pada setiap sore setelah uji coba dilakukan, pihaknya akan melakukan evaluasi setiap harinya.

JPO Gelora Bung Karno Didesain Kekinian dan Bergaya Artistik yang Bakal Dilengkapi Lift

"Pada saat uji coba operasi, kita akan menerima setiap hari itu sekitar 28.800 penumpang dan itu akan kita lihat jadi bagaimana pengalaman naik MRT dan kita evaluasi setiap sore," ungkapnya.

"Ini kan pada saat kita buka tanggal 12 Maret 2019 itu, dari jam 08.00-16.00 WIB dan pada saat itu kita akan evaluasi setelah itu apa kekurangan dan hal-hal apa yang perlu kita perbaiki setiap harinya, jadi itu yang akan kita lakukan. Di hari pada Maret 2019 ini adalah hari dimana kita betul-betul akan fokus pada penyiapan operasi komersil dari MRT Jakarta," lanjut dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan uji coba itu akan berakhir hingga rencana waktu operasi komersial dilakukan, yang pihaknya perkirakan di antara 24 sampai 31 maret 2019.

"Begitu operasi komersial itu kita mulai, berarti sudah tidak ada pembatasan lagi pada publik, silahkan menggunakan MRT Jakarta," pungkas dia.

Penulis: Leo Permana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved