Trans 1000 Gandeng 29 Kapal Tradisional Ciptakan Angkutan Laut Modern ke Kepulauan Seribu

PT Trans 1000 Jakarta Transportindo tengah meremajakan 29 kapal tradisional yang melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Kepulauan Seribu.

Trans 1000 Gandeng 29 Kapal Tradisional Ciptakan Angkutan Laut Modern ke Kepulauan Seribu
Istimewa
KMP Trans 1000 Jakarta 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - PT Trans 1000 Jakarta Transportindo tengah meremajakan 29 kapal tradisional yang melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Kepulauan Seribu.

Dirut PT Trans 1000 Jakarta Transportindo, Nana Suryana mengatakan, seluruh pemilik sudah sepakat bekerja sama dengan pihaknya.

"Dari 33 kapal yang aktif, sudah bersama kami ada 29. Jadi kami bisa mengklaim hampir 80 persen pemilik kapal yang melayani sudah sepakat," kata Nana, Kamis (28/2/2019).

Nana menuturkan, dengan menggandeng 29 pemilik kapal tradisional tersebut, PT Trans 1000 Jakarta Transportindo sedang dalam proses menciptakan angkutan laut nan modern ke Kepulauan Seribu.

Selain diremajakan menjadi kapal motor penumpang (KMP) Trans 1000, sejumlah kapal tradisional yang telah bekerja sama dengan PT Trans 1000 juga akan dialihfungsikan menjadi kapal kargo.

"Kami bekerja sama dengan mereka tanpa menjadi kompetitor mereka. Kapal mereka yang selama ini melayani pelayaran ke kepulauan akan kami alihfungsikan menjadi kapal kargo tanpa mengganti hak kepemilikannya," ucap Nana.

Menurut Nana, usai kapal-kapal tersebut dimodifikasi dan diperbarui, PT Trans 1000 nantinya akan menjadi pengelola saja.

"Kami membebaskan dari biaya-biaya, kami membebaskan dari resiko-resiko operasional asal kami yang mengelola. Karena kami menekan zero complain, zero accident itulah izin-izin kami lengkapi," kata Nana.

Pengelolaan terutama berfokus kepada keselamatan pelayaran 29 kapal itu sejak mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Warga Kepulauan Seribu dapat Harga Khusus Naik Kapal Motor Penumpang Trans 1000

Kapal Motor Penumpang Trans 1000 Bakal Beroperasi Pertengahan Tahun 2019

Nana menjamin keselamatan kapal yang pengelolaannya beralih ke PT Trans 1000 dengan memastikan bahwa semua perizinan sudah terlengkapi.

"Terakhir 22 Desember kami mendapatkan izin dari PTSP Pemda DKI dalam bentuk surat izin operasional dan 11 perizinan dari Kementerian Perhubungan terkait pengelolaan dan pengoperasian sarana angkut laut Kepulauan Seribu," imbuh dia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved