VIDEO: Melihat Penyusunan Kotak Suara di KPU Tangsel, Masih Kurang 100 Kotak

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan DPD, KPU Tangsel membutuhkan 19.095 kotak suara.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PONDOK AREN - KPU Tangerang Selatan ( Tangsel) masih kekurangan sedikitnya 100 kotak suara untuk Pemilu 2019.

Secara total, Tangsel memiliki 3.819 TPS. Artinya, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan DPD, membutuhkan 19.095 kotak suara.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro, di aula kecamatan Pondok Aren, Senin (4/3/2019).

"19.095 kotak suara yang nanti akan didistribusikan pada waktunya. Kita masih menunggu surat suara yang nantinya akan kita lipat kemudian kita pak dan kita segel," ujar Bambang.

Ia juga menjelaskan, sampai saat ini belum ditemukan kotak suara yang rusak.

"Untuk yang rusak belum kita temukan. Namun untuk kekurangan, kita sudah minta kekurangan sejumlah kurang lebih 100 suara kotak Tangerang Selatan," ujarnya.

 VIDEO: Milihat Proses Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara di KPU Kota Jakarta Pusat

 KPU Depok Targetkan Perakitan Kotak Surat Suara Kardus Beres Pekan Ini

KPU Tangsel sudah menagih kekurangan itu ke KPU RI melalui KPU Provinsi yang berkoordinasi langsung.

Saat ini, proses penyimpanan dan perakitan kotak suara dilakukan di dua lokasi, yakni aula kecamatan Pondok Aren dan di sebuah gudang di bilangan Buaran, Serpong.

"Ini wilayah Pondok Aren kita melibatkan teman-teman PPK dan PPS Pondok Aren, kemudian juga Pamulang, kita melibatkan teman-teman PPS dan PPK Pamulang. Biasanya 10-15 orang untuk perakitan kotak suara," ujarnya.

Bambang mengatakan, pihaknya sudah melakukan simulasi dan mendapatkan standard pekerja, merakit 160 kotak suara per delapan jam.

"Pernah kita simulasi untuk delapan jam kerja, satu orang itu mampu mengerjakan 160 kotak suara untuk dirakit. Dengan waktu sedang membutuhkan 2 - 3 menit membentuk kotak suara," jelasnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved