VIDEO Parisada Hindu Dharma Indonesia Banten Sampaikan Pesan Toleransi di Hari Raya Nyepi Tahun Ini

Tak menampikan tahun politik, Nyepi yang juga merupakan prosesi tahun baru saka itu, Wiratmaja berharap pemilu bisa berlangsung damai.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, CIPUTAT TIMUR - Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banten, Ida Bagus Alit Wiratmaja, berharap hari Raya Nyepi kali ini bisa menanamkan rasa toleransi pada diri umat Hindu dan masyarakat secara umum.

"Harapan kami sebagai Hindu khususnya di luar Banten, tema yang kita pakai melalui catur brata penyepian kita melakukan pengendlian diri dan meningkatkan toleransi antar umat beragama," ujar Wiratmaja di Pura Merta Sari, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel) usai mengikuti upacar Tawur Kesanga, Rabu (6/3/2019).

Tak menampikan tahun politik, Nyepi yang juga merupakan prosesi tahun baru saka itu, Wiratmaja berharap pemilu bisa berlangsung damai.

Daftar Artis Tanah Air yang Rayakan Hari Raya Nyepi, Oka Antara hingga Happy Salma

"Apa lagi dalam pemilu pilpres kita ingin pemilu yang damai pemilu yang aman yang menuju kepada kemenangan kita bersama," ujarnya.

Dalam pembangunan, Wiratmaja juga berharap umat Hindu bisa berperan dalam bidang keamanan, terutama di wilayah Banten.

Agama yang menjunjung kedamaian itu bisa mengambil peran untuk menetralisir konflik untuk menuju kerukunan.

"Konsep Hindu yang santi santi santi, damai damai damai dengan damai kita bisa hidup tenang bisa bekerja dengan baik untuk menghadapi tantangn kehidupan menuju kemakmuran bersama," ujarnya.

Yuk Intip Empat Koleksi Terbaru Make Over untuk Sempurnakan Tampilanmu

Lebih jauh, Wiratmaja menyerukan kepada umat Hindu untuk melawan hoaks dimulai dari diri sendiri.

"Satu lagi, Hindu berperang melawan hoaks dengan kesadaran diri mana yang baik dengan nilai kebenaran kesucian dan keharmonisan, kebenaran yang ditonjolkan," jelasnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved