Seniman Setiawan Sabana: Ruang Seni Nusantara Bermula dari Dinding Gua

Seniman asal Bandung, Setiawan Sabana menyatakan bahwa setiap zaman memiliki identitas kebudayaan dan kesenian tersendiri.

Seniman Setiawan Sabana: Ruang Seni Nusantara Bermula dari Dinding Gua
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Kain panjang berwarna oranye bertuliskan 'JELAJAH SENI RUPA NUSANTARA' di Galeri Cipta II, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - "Seni rupa Nusantara berkembang sejak dahulu hingga sekarang," kata Setiawan Sabana selaku seniman asal Bandung, di Galeri Cipta II, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2019).

Dalam pameran bertajuk 'Jelajah Seni Rupa Nusantara', ia menyatakan bahwa setiap zaman memiliki identitas kebudayaan dan kesenian tersendiri.

"Yang dipengaruhi oleh realitas kehidupan, jiwa, dan fasilitas zaman yang tercermin dalam bentuk kreasi sains," kata Setiawan yang pernah menerima Anugerah penghargaan dari Ridwan Kamil 2018 silam.

Perkembangan seni rupa Nusantara itu, kata Setiawan, digerakkan oleh komunitas-komunitas dalam masyarakat lama hingga individu-individu masa kini.

Setiawan menjelaskan, masyarakat tersebut telah berkarya penuh daya kreatif dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan pada zamannya.

"Ruang seni Nusantara bermula dari dinding-dinding gua atau cadas, ruang-ruang spiritual keagamaan, hingga budaya sekuler yang profan pada tataran kehidupan manusia," katanya.

Pro Kontra RUU Permusikan: Jerinx SID Beri Kritik Pedas, Anang Pastikan Puluhan Seniman Akan Kumpul

BERITA FOTO Bahas RUU Permusikan, Sederet Seniman Temui Ketua DPR dan Anggota DPR Maruarar Sirait

Dia menambahkan, mengenali seni rupa Nusantara identik dengan mengenali diri sendiri dalam konteks wilayah kebuyaan.

"Itu semua telah diwariskan oleh nenek moyang kita, yang harus dijadikan referensi dan orientasi nilai dan martabat kehidupan masa kini dan ke depan di negeri Indonesia tercinta," pungkas Setiawan.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved