Pileg 2019

Dugaan Kampanye Terselubung, Darmadi Durianto Tak Penuhi Panggilan Bawaslu Jakarta Barat

‎Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan pihaknya belum menerima informasi resmi.

Dugaan Kampanye Terselubung, Darmadi Durianto Tak Penuhi Panggilan Bawaslu Jakarta Barat
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, Darmadi Durianto hari ini tak memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat.

P‎emanggilan Darmadi terkait dugaan kampanye terselubung di acara Festival Cap Go Meh 2019 yang digelar di kawasan Krendang, Tambora, Jakarta Barat pada Minggu (24/2/2019).

‎Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan pihaknya belum menerima informasi resmi mengenai mangkirnya Darmadi dalam pemanggilan hari ini.

"Kami belum dapat keterangan resmi, tapi informasi dari dari tim beliau, beliau (Darmadi) lagi ada acara di tempat lain," kata Roup di Kantor Bawaslu Jakarta Barat, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (8/3/2019).

Darmadi Durianto Hadir di Cap Go Meh Krendang untuk Melestarikan Budaya Bangsa

Dikatakan Roup, pemanggilan Darmadi berdasarkan adanya laporan yang masuk ke Bawaslu Jakarta Barat pada 6 Maret 2019.

"Dari pelapor indikasinya ‎adalah acara dilksanakan di tempat ibadah dan ada kegiatan keagamaan yang didompleng kegiatan politik," kata Roup.

Lantaran Darmadi mangkir pada pemanggilan hari ini, Bawaslu Jakarta Barat kembali melayangkan surat panggilan kedua pada Senin (11/3/2019).

"Pemanggilan kedua rencananya hari Senin dan yang bersangkutan harus datang dan tidak bisa diwakilkan," kata Roup.

Dalam pemanggilan hari ini yang datang ke Bawaslu Jakarta Barat hanyalah Tim Relawan Darmadi Durianto dan juga Ketua Pelaksanaan Cap Goe Meh dari Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia.

Ketua Relawan Darmadi Durianto, Harianto mengatakan hari ini Darmadi sedang ada kunjungan kerja dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPR RI.

"Beliau hari ini ada kunjungan kerja untuk masyarakat di tempat lain, ada undangan masyarakat," kata Harianto.

Dalam pemeriksaan hari ini, Harianto dicecar sekitar 20 pertanyaan terkait kegiatan Cap Go Meh yang dilakukan di kawasan Krendang.

Ia membantah bahwa dalam kegiatan tersebut terdapat spanduk bertuliskan nama Darmadi disertai logo PDI Perjuangan.

"Untuk logo partai tidak ada. Nama Darmadi Durianto ada sebagai Anggota DPR RI karena beliau diundang resmi oleh ketua panitia sebagai Anggota DPR RI," kata Harianto.

Metode Simulasi Kertas Suara, Darmadi Durianto Tempati Urutan Pertama pada Survei Charta Politica

Ketua Panitia Pelaksanaan Cap Go Meh dari Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia, Phang Mui Jun juga membantah adanya kampanye terselubung.

Menurutnya, kegiatan Cap Go Meh bukan dilaksanakan di wihara melainkan berada di Jalan Krendang Raya.

"Kalau dibilang ada panggung di depan wihara itu bohong. Panggung itu jauh dari wihara, itu pun untuk hiburan anak-anak," kata Phang Mui Jun.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved