Pemilu 2019

Lewat Cara Ini KPU Jakarta Selatan Sosialisasikan ke Pemilih Milenial untuk Aktif di Pemilu 2019

Isnawa menilai, festival Band seperti ini merupakan kegiatan positif yang bisa menjadi wadah anak muda untuk menyalurkan potensi dan bakat musik.

Lewat Cara Ini KPU Jakarta Selatan Sosialisasikan ke Pemilih Milenial untuk Aktif di Pemilu 2019
Istimewa
Para pemenang Festival Band KPU Jakarta Selatan yang akan maju seleksi ke tingkat KPU DKI 17 Maret 2019. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan (Jaksel) menggelar Festival Band KPU se Jakarta Selatan di One Bellpark Mall, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan hari ini, Minggu (10/3/2019).

Berbeda dengan festival biasanya, kegiatan ini merupakan salah satu langkah KPU untuk mengajak pemilih pemula atau yang dikenal pemilih millenial untuk aktif dalam Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.

"Ini menarik sekali, karena pendidikan politik tidak selalu dikemas dengan formal, tapi juga bisa kegiatan yang lebih menarik seperti festival band ini," ujar Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji di Jakarta Selatan, Minggu (10/3/2019).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta ini menuturkan, bahwa festival Band seperti ini merupakan kegiatan positif yang bisa menjadi wadah anak muda untuk menyalurkan potensi dan bakat musiknya.

Disdukcapil Sudah Pisahkan Data WNA Sebelum Diserahkan ke KPU Tangsel

Selain itu, juga bisa mengajak kaum muda aktif dalam Pemilu 2019, dengan menyanyikan jingle pemilu.

Ia berharap, lewat festival seperti ini, KPU Jakarta Selatan bisa memberikan pendidikan politik kepada generasi muda lewat cara yang menarik, sehingga tingkat partisipasi kaum pemula di Jakarta Selatan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

"Saya berterima kasih atas support KPU Jakarta Selatan yang menggelar festival band ini. Ini tentunya untuk mengajak pemilih pemula, anak-anak muda, generasi millenial aktif dalam pemilu," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Selatan, Agus Sudono merincikan, bahwa ada sekitar 1,7 juta pemilih berdomisili di wilayah Jakarta Selatan. Dimana, 10 persen diantaranya adalah pemilih milenial di usia pemula dan muda.

Ia pun berharap agar anak-anak pemilih pemula melek politik.

Melalui acara ini, KPU Jakarta Selatan sekaligus memberikan edukasi politik kepada para milenial.

Petugas KPU Jakarta Barat Rela Istirahat Hanya 15 Menit Demi Layani Pembuat A5

"Diharapkan teman-teman ini melek politik. Kaitan yang lain, ini adalah bagian langkah strategis KPU Jakarta Selatan untuk bisa menambah wawasan, dan serta memberi edukasi politik kepada kawula muda," kata Agus.

Festival ini, telah diikuti oleh 11 band. Dari 11 band tersebut telah dipilih tiga besar band terbaik yang akan maju ke babak seleksi di KPU DKI Jakarta pada tanggal 17 Maret 2019 mendatang.

Adapun syarat untuk mengikuti festival ini yaitu usia 17 sampai 30 tahun, dan diutamakan untik masyarakat yang berdomisili Jakarta Selatan. Setiap band wajib membawakan jingle Pemilu 2019.

"Yang menang tiga besar hari ini, ada Ras cream band juara satunya, Temu lawak band juara duanya, dan tricord band juara tiganya. Kalau acara tingkat DKI, tanggal 17 Maret seleksinya di KPU Provinsi, jadi kami hadiahnya belum tahu. Tapi kalau tadi, di Jakarta Selatan, kita kasih plakat dan uang pembinaan," katanya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved