Amien Rais Sebut Apa-apa di Indonesia Butuh Uang: KTP Pakai Uang dan Buat Izin Pakai Pelicin

“Kalau caleg bayar konstituen supaya terpilih masih ecek-ecek, yang besar kalau sudah menyangkut pimpinan negara,” kata Amien Rais

Amien Rais Sebut Apa-apa di Indonesia Butuh Uang: KTP Pakai Uang dan Buat Izin Pakai Pelicin
tribun jatim/sofyan arif candra
Penasihat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Amien Rais 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNJAKARTA.COM- Mantan Ketua MPR RI Amien Rais membandingkan politik uang yang dilakukan calon anggota legislatif dengan pemimpin negara.

Menurutnya politik uang yang dilakukan caleg agar terpilih masih tergolong kecil atau ‘ecek-ecek’.

“Kalau caleg bayar konstituen supaya terpilih masih ecek-ecek, yang besar kalau sudah menyangkut pimpinan negara,” kata Amien Rais dalam diskusi 'Tolak Money Politics' di Kantor Seknas Prabowo-Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019), .

Ia juga menyebut politik uang yang dilakukan kepala daerah masih tergolong rendah.

“Tak bisa dipungkiri di Indonesia ini apa-apa masih butuh uang, buat KTP pakai uang, di kecamatan minta izin pakai pelicin uang, kalau uang hanya menyentuh camat, lurah, bupati, dan walikota cara untuk mengatasinya masih mudah,” katanya.

“Tapi kalau yang melakukan sudah pucuk negara adalah tanda kiamat kecil, kiamat bagi yang bersangkutan,” imbuhnya.

Melalui pernyataan-pernyataannya itu Amien Rais menyinggung Joko Widodo sebagai kepala negara yang telah melakukan politik uang.

Termasuk Amien Rais melalui ucapan mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dalam suatu video sedang memberi arahan kepada pegawai di lingkungan kerja Pemprov Jakarta.

Akun Resmi BMKG Juanda Sempat Kicaukan Tagar Calon Presiden di Twitternya, Langsung Minta Maaf

Diimbangi Tira Persikabo, Persebaya Tim Pertama Lolos 8 Besar

Bobol ATM di Minimarket Kebayoran Lama, Pelaku Asal Lampung Mengaku Belajar dari Youtube

“Waktu itu Pak Ahok mengatakan dalam briefing dengan pegawai Pemda Jakarta kalau Pak Jokowi menang karena pengembang, kita masih ingat itu,” ungkapnya.

“Kemudian soal kebakaran hutan tahun 2015 Pak Jokowi kira-kira tanya siapa yang membuat kebakaran hutan secara masif sehingga membuat warga Singapura sesak nafas, tapi kemudian para penyumbang mendatangi istana dan Pak Jokowi tidak melanjutkan investigasi soal kebakaran hutan itu,” lanjut Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

Amien pun menegaskan bahwa politik uang menyebabkan suatu bangsa tidak bisa maju dan moral masyarakatnya pun ikut kandas.

Ia pun mengimbau agar pendukung serta relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk melawan segala politik uang jelang Pemilu 2019 tanggal 17 April mendatang. (Rizal Bomantama)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Amien Rais: Kalau Caleg Bayar Konstituen Agar Terpilih Masih Ecek-ecek

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved