Datangkan Ekstasi dari Belanda, PN Bekasi Vonis 2 Gembong Narkoba Seumur Hidup

"Menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup dan denda satu miliar subsider enam bulan penjara," kata ketua Majelis Hakim Musa Arif Aini

Datangkan Ekstasi dari Belanda, PN Bekasi Vonis 2 Gembong Narkoba Seumur Hidup
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Terdakwa kasus kepemilikan 600 ribu butir pil ekstasi divonis seumur hidup oleh Pengadilan Negeri Bekasi, Rabu, (13/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pengadilan Negeri (PN) Bekasi memvonis hukuman seumur hidup dua orang terdakwa kasus narkotika bernama Andang Anggara (27) dan Sonny Sasmita (41). Keduanya merupakan gembong narkoba atas kepemilikan 600 ribu butir pil ekastasi.

Sidang yang berlangsung di runag sidang utama PN Bekasi, Jalan Veteran, Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi ini menghadirkan dua terdakwa. Keduanya duduk dengan mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam.

"Menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup dan denda satu miliar subsider enam bulan penjara," kata ketua Majelis Hakim Musa Arif Aini saat membacakan vonis dihadapan kedua terdakwa, Rabu, (13/3/2019).

Berdasarkan proses persidangan serta keterangan sejumlah saksi, kedua terdakwa terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Kasus yang menjerat kedua yakni kepemilikan 600 ribu butir pil ekstasi yang didatangkan dari Belanda yang hendak diedarkan di Indonesia.

Adapun vonis ini lebih ringan daripada tuntutan Jakasa Penuntut Umum (JPU). Dimana dalam kasus tersebut, JPU menuntut kedua terdakwa dengan hukuman mati.

Usai membacakan vonis, Ketua Majelis Hakim Musa Arif Aini sempat mempersilahkan kedua terdakwa untuk berskonsultasi dengan kuasa hukum mereka. Setelah itu, keduanya secara tegas menerima vonis yang harus mereka jalani.

Selanjutnya, Majelis Hakim juga meminta tanggapan kepada JPU terkait vonis yang barus saja dibacakan. JPU dalam hal ini menjawab pikir-pikir terkait vonis yang ditetapkan terhadap kedua tersangka.

Stadion Kosong Saat Persib Main, Radovic Minta Beberapa Hal Kepada Bobotoh

TKI Asal Cirebon Disekap di Arab Saudi: Terakhir Kali Kirim Uang Tahun 2000, Beri Pesan via Medsos

Video Baliho 2 Caleg Di Jalan Mampang Prapatan Dicopot Panwaslu Jaksel

Adapun kasus kepemilikan 600 ribu butir ekstasi ini terungkap oleh Bareskrim Mabes Polri setelah lolos dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Novermber 2017 silam.

Terdapat sejumlah terdakwa dalam kasua tersenut, tapi gembong narkoba 600 butir pil ekstasi adalah Andang dan Sonny. Masing-masing terdakwa ditahan di Lapas Surakarta dan Lapas Gunung Sindur Bogor.

Barang bukti 600 butir pil ekstasi ditemukan disebuah rumah di Vila Mutiara Gading 2, Blok F 7 Nomor 9 RT 7 RW 16 Desa Karangsatria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved