Pemilu 2019

Jelang Pilpres 2019, Pemerintah Take Down 10 Sampai 12 Berita Hoaks Satu Hari

Menurut Henry, meningkat berita hoax meningkat sejak tahun 2014 dan terus meningkat hingga 2018 dan puncaknya pada tahun politik kini.

Jelang Pilpres 2019, Pemerintah Take Down 10 Sampai 12 Berita Hoaks Satu Hari
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bidang Hukum, Henry Subiakto usai menghadiri Comnews 2019 di Lecture Ball Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, PAGEDANGAN - Semakin dekat dengan hari pencoblosan atau Pilpres yang akan digelar pada 17 April 2019, intensitas hoax yang muncul ke permukaan semakin banyak dan menggila.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bidang Hukum, Henry Subiakto mengatakan hal itu terindikasi oleh semakin banyaknya berita hoaks provokatif yang diblokir setiap harinya.

"Oh jelas meningkat itu. Kalau persen harus riset dan agak berat. Tapi jelas meningkat dilihat dari pertama, yang kami blokir kemudian laporan hoaks itu meningkat. Dulu cuma empat sampai lima tiap hari di takedown dan umumkan hoaks, sekarang 10 sampai 12 bahkan lebih sehari," kata Henry usai menghadiri Comnews 2019 di Lecture Ball Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Rabu (13/3/2019).

Menurut Henry, meningkat berita hoaks  meningkat sejak tahun 2014 dan terus meningkat hingga 2018 dan puncaknya pada tahun politik kini.

Akun Instagram Misslambehoaks Jadi Senjata Kominfo Perangi Hoaks di Kalangan Milenial

Namun, ia meyakinkan kaum milenial saat ini sudah tidak terpengaruh oleh berita hoax dan lebih bisa memilah-milah informasi yang diragukan kebenarannya.

"Kalau anak-anak milenial saya rasa banyak yang tidak terpengaruh. Karena kalau lihat survei ya, itu sudah mengalami stagnans,i naik turunnya tidak parah selama tiga bulan terakhir padahal hoax semakin banyak. Mereka malah ketawa- saja, malah hoaks cuma dibuat untuk keributan di media sosial saja," kata Henry.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved