Pemilu 2019

5.000 Lebih Surat Suara Pilpres di Kabupaten Bekasi Rusak: Sobek dan Terkena Noda

"Kerusakannya macem-macem, ada yang sobek, ada yang terkena noda, atau warnanya pudar, itu dari pabriknya ya," ungkap Jajang.

5.000 Lebih Surat Suara Pilpres di Kabupaten Bekasi Rusak: Sobek dan Terkena Noda
Dokumentasi KPU Kabupaten Bekasi
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di GOR Wibawa Mukti Cikarang 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, menemukan ribuan surat suara Pilpres rusak saat proses penyortoran dan pelipatan.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudi, mengatakan, pihak pada Selasa, 12 Maret 2019, mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019.

"Hari Senin, (11/3), kita sudah menerima distribusi surat suara untuk Pilpres, besokannya kita langsung lakukan proses penyortiran dan pelipatan, ada beberapa surat suara yang rusak atau tidak layak yang kita temukan," kata Jajang saat dikonfirmasi, Kamis, (14/3/2019).

Terdapat 5.577 surat suara yang rusak atau tidak layak. Kerusakan berasal dari pabrik percetakan dimana sejumlah surat suara mengalami sobek, terkena noda tinta dan warna pudar.

"Kerusakannya macem-macem, ada yang sobek, ada yang terkena noda, atau warnanya pudar, itu dari pabriknya ya," ungkap Jajang.

Selanjutnya surat suara rusak atau tidak layak itu akan dilamporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi. Setelah itu, Bawaslu akan membuat berita acara untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU-RI agar segera dikirim surat suara pengganti.

"Nanti akan di cek dulu sama Bawaslu, setelah itu baru kita minta ke KPU-RI untuk segera diganti," jelas dia.

Adapun dalam Pilpres 2019 ini, KPU Kabupaten Bekasi mendapatkan jatah sebanyak 2.098.000. Jumlah itu sudah termasuk dua persen cadangan dari total Daftar Pemilih Tetap sebanyak 2.054.617 jiwa.

Hari ke-4 Pelipatan, KPU Kota Depok Temukan 565 Surat Suara Rusak

Cerita di Balik Pelipat Surat Suara Pemilu 2019 di Tangerang, Hanya Dibayar Rp 90 per Kertas

Latihan Bareng di Timnas U-23: Simak Ungkapan Bahagia Ezra, Egy Maulana Tolak Menyerah

KPU Kabupaten Bekasi sejauh ini masih menunggu kirim surat suara untuk empat jenis pemilihan. Dari informasi yang dia terima, surat suara baru akan selesai dikirim hingga 18 Maret 2018 mendatang.

Terakhir tanggal 18 Maret semua jenis surat suara dikirim. Mudah-mudah sesuai jadwal, agar proses penyortiran dan pelipatan rampung sesuai target," tandasnya.

Untuk proses penyortiran dan pelipatan suara, KPU Kota Bekasi menerjunkan sebanyak 878 petugas. Pelipatan dilakukan di GOR Wibawa Mukti, Desa Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved